Minggu, 05 Februari 2023
14 Rajab 1444

Kembangkan UMKM, Bea Cukai Ambon Gandeng Disperindag dan BPS

Jumat, 11 Nov 2022 - 19:55 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
UMKM
Foto: ist

Bea Cukai Ambon tak henti berupaya mengembangkan UMKM berpotensi ekspor untuk dapat memasarkan produknya ke mancanegara. Upaya tersebut diperkuat dengan sinergi yang dijalin Bea Cukai Ambon dengan berbagai pihak, khususnya pemerintah daerah, yaitu Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ambon dan Disperindag Provinsi Maluku serta Badan Pusat Statistik (BPS).

Kepala Kantor Bea Cukai Ambon, R Teddy Laksmana, pada Jumat (11/11) mengatakan pihaknya berkomitmen mendukung program kerja Disperindag Kota Ambon dalam pengembangan dan pemberdayaan UMKM di wilayah Kota Ambon. “Kepada Kepala Disperindag Kota Ambon, Sir Jhon Slarmanat, dalam kunjungan kerja ke Bea Cukai Ambon pada awal November 2022 lalu, kami menyampaikan bahwa Bea Cukai Ambon akan selalu mendukung program kerja pemerintah daerah Kota Ambon dan siap menjalin sinergi demi kemajuan pengembangan dan pemberdayaan UMKM di wilayah Kota Ambon. Kami pun memiliki berbagai program dukungan ekspor UMKM yang dapat dikolaborasikan dengan pemerintah daerah, seperti Klinik Ekspor dan asistensi ekspor dengan kunjungan-kunjungan ke para pelaku UMKM berpotensi ekspor,” ujarnya.

Baca juga
Disetujui, Bea Cukai Hibahkan Barang Eks Penindakan ke Yayasan di Jambi

Kerja sama serupa juga terwujud antara Bea Cukai Ambon dengan Disperindag Provinsi Maluku. Bersama instansi pemerintah lainnya di Provinsi Maluku, Bea Cukai menghadiri evaluasi perkembangan ekspor di provinsi Maluku. “Kami terus maksimalkan kerja sama dengan berbagai instansi yang terkait dalam peningkatan ekspor di Provinsi Maluku. Dari pertemuan-pertemuan sejenis, kami dapat menggali permasalahan ataupun kendala-kendala di lapangan yang dihadapi instansi lainnya, khususnya dalam hal ekspor, sehingga dapat diselesaikan dengan cepat. Harapan kami adalah sinergi antarinstansi pemerintah ini dapat membantu para pelaku usaha untuk terus melaksanakan ekspor secara rutin dari bumi Maluku,” kata Teddy.

Baca juga
Bea Cukai Gagalkan Distribusi Jutaan Batang Rokok Polos di Semarang dan Labuhanbatu

Tak hanya dengan pemerintah daerah, dalam mengembangkan UMKM berpotensi ekspor Bea Cukai Ambon juga bersinergi dengan BPS. Disebutkan Teddy, di awal November 2022 pihaknya telah menerima kunjungan dari tim dari Kantor Pusat BPS didampingi tim BPS Provinsi Maluku. Kunjungan tersebut dilaksanakan dalam rangka memperoleh informasi rinci mengenai proses bisnis ekspor dan impor di kota Ambon, serta mengonfirmasi proses bisnis pengelolaan beberapa data ekspor impor.

“Pada kesempatan tersebut, kami memaparkan bahwa wilayah pengawasan Bea Cukai Ambon meliputi Kota Ambon dan lima kabupaten. Bea Cukai Ambon sendiri berada di bawah naungan Kantor Wilayah Bea Cukai Maluku, yang wilayah pengawasannya meliputi Provinsi Maluku dan Maluku Utara. Luasnya wilayah pengawasan ini menjadi tantangan sendiri bagi kami, dan kami berharap akan terus dapat menyajikan data ekspor impor yang rinci dan aktual. Sinergi antara Bea Cukai Ambon semoga dapat memberikan validasi dan akurasi data yang semakin baik, khususnya data ekspor impor di Ambon,” pungkasnya

Tinggalkan Komentar