Jumat, 01 Juli 2022
02 Dzul Hijjah 1443

Kembangkan Wisata Budaya, 500 Museum Dapat Sertifikasi dari AMI

Selasa, 07 Jun 2022 - 19:57 WIB
Dorong Destinasi Wisata Budaya, 500 Museum Dapat Sertifikasi dari AMI
Ketua Umum AMI, Putu Supadma Rudana memberika Sertifikasi/ Foto: ist

Sebanyak 500 museum menerima sertifikasi keanggotaan dan Surat Keputusan (SK) dari Asosiasi Museum Indonesia (AMI). Sertifikasi tersebut diserahkan dalam silahturahmi dan pertemuan museum Se-Indonesia di Museum Rudana, Ubud, Bali.

“Secara simbolik AMI memberikan sertifikat keanggotaan yang diwakili 19 penerima dari 19 AMIDA di Indonesia. AMI berharap agar setiap museum yang terdaftar bisa berkolaborasi dan bersinergi lebih maksimal lagi dengan berbagai pihak,” ujar Ketua Umum AMI, Putu Supatma Rudana dalam keterangan persnya, Selasa (7/6/2022).

Putu menjelaskan, AMI mendorong agar berbagai institusi dan lembaga, mengikuti bimbingan teknis terhadap sumber daya manusia. Agar pengelola memiliki pemahaman yang cukup mengenai permuseuman serta warisan budaya bangsa.

Baca juga
Hadirkan Museum Olahraga Terbesar di Dunia, Qatar Bantah Pamer

“AMI akan terus mengawal peningkatan sdm di seluruh museum di indonesia melalui bimtek dan sertifikasi permuseuman. Mari kita jadikan momentum ini untuk mengawali bangkitnya permuseuman Indonesia pasca pandemi, dan menjadikan museum sebagai destinasi pertama dan utama (wajib) pariwisata, jika kita berkunjung ke berbagai daerah,” kata Putu.

Pengurus memberikan penghargaan Satya Abadi Musea bagi tiga maestro Indonesia yang baru saja meninggal dunia di Museum Rudana. “Penghargaan tersebut pengurus berikan atas dedikasi, pengabdian dan pencapaian para maestro. Maestro tersebut adalah Srihadi Soedarsono, Nyoman Gunarsa, dan Made Wianta,” tuturnya.

Bagi masyarakat yang ingin melihat karya-karya terbaik tiga maestro tersebut dapat melihat langsung di Museum Rudana yang terletak di Desa Peliatan, Ubud, Bali. [ipe]

Tinggalkan Komentar