Selasa, 31 Januari 2023
09 Rajab 1444

Kemenangan Timnas Jepang Buat Saham di Bursa Tokyo Ikut Terbang

Jumat, 02 Des 2022 - 21:27 WIB
Penulis : Ajat M Fajar
Kemenangan Jepang di Piala Dunia Buat Saham di Bursa Tokyo Ikut Terbang
Jepang berhasil lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 sebagai juara Grup E usai menundukkan Spanyol 2-0 pada Jumat (2/12/2022) dini hari WIB. (foto: Getty Images)

Kemenangan Tim Nasional atau Timnas Jepang melawan Spanyol dalam partai penyisihan grup Piala Dunia Qatar 2022 ternyata punya efek besar. Kemenangan Timnas Jepang ini membuat saham-saham perusahaan lokal di Bursa perdagangan Tokyo ikut terbang.

Sebagai contoh, saham CyberAgent Inc yang menyiarkan secara langsung pertandingan gratis laga Jepang Vs Spanyol lewat layanan streaming Abema terpantau naik 7,3 persen. Kemudian ada perusahaan pembuat barang olahraga Mizuno Corp yang juga naik 5,3 persen dan operator rantai mini-bar Hub Co juga naik 15 persen.

Direktur pelaksana di SBI Securities Co, Hideyuki Suzuki mengatakan tema Piala Dunia dan sepak bola memang punya jangka pendek. Namun dalam waktu jangka panjang, tema ini bisa meningkatkan jumlah minat anak muda Jepang untuk bermain sepak bola.

Baca juga
Denmark Mau Pakai Kaus Satir di Piala Dunia Qatar, FIFA Beri 'Hukuman'

“Dan kami bisa membayangkan skenario di mana teknologi secara bertahap diintegrasikan ke dalam olahraga, termasuk aplikasi metaverse,” katanya seperti dikutip Bloomberg, Jumat (2/12/2022).

Dalam perhelatan Piala Dunia Qatar 2022, Jepang berhasil sebagai juara Grup E karena menang 2-1 dari Spanyol. Hasil positif ini menjadi kemenangan kedua Jepang dalam penyisihan gurp setelah sebelumnya menumbangkan tim Jerman.

Prestasi ini menjadi kedua kalinya Jepang lolos dalam fase penyisihan grup. Selanjutnya dalam penyisihan 16 besar, tim Samurai biru akan berhadapan dengan Kroasia yang merupakan tim peringkat ke-12 dunia versi FIFA. Jepang sendiri saat ini berada di posisi ke-24 peringkat dunia FIFA.

Tinggalkan Komentar