Selasa, 31 Januari 2023
09 Rajab 1444

Kemendag Anugerahkan UKM Pangan Award 2022 untuk 10 UKM Terpilih

Jumat, 21 Okt 2022 - 06:07 WIB
ukm pangan award
(dok. Kemendag)

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan memberikan penghargaan secara langsung kepada 10 pemenang UKM Pangan Award 2022. Penganugerahan tersebut dilangsungkan pada Kamis (20/10/2022), di sela pameran produk-produk UKM pangan, Pangan Nusa 2022 dalam gelaran Trade Expo Indonesia (TEI) ke-37 di ICE-BSD City, Tangerang.

Mendag mengatakan, Kementerian Perdagangan fokus membantu pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) agar dapat meningkatkan kapasitas mereka, sehingga dapat terus mendorong program peningkatan penggunaan produk dalam negeri.

“Saya dan jajaran Kemendag fokus membantu UKM untuk meningkatkan penggunaan produk dalam negeri, yaitu produk-produk yang dibuat oleh para pelaku UKM. Penghargaan ini dapat memberikan momentum untuk meningkatkan kapasitas UKM. Dari usaha kecil, naik ke menengah, kemudian menjadi besar, kualitasnya tambah baik,” ujarnya.

ukm pangan award

Mendag Zulhas menyebut tren penggunaan produk UKM di seluruh dunia, termasuk di negara maju, saat ini mengalami peningkatan.

“Bahkan kami dapati di seluruh dunia, masyarakat sedang menyukai produk-produk dari usaha sekelas UKM. Semangat ini harus kita sambut. Hal tersebut sejalan dengan semangat Pemerintah Indonesia untuk terus mendorong UKM Indonesia agar semakin berkembang bahkan mengisi permintaan pasar ekspor,” kata Mendag.

Baca juga
Persahabatan Zulhas-Majid Tandai Babak Baru Perdagangan RI-Arab Saudi

Kesepuluh pemenang UKM Pangan Award 2022 terpilih dari 916 pelaku UKM di seluruh Indonesia. Para peserta melewati beberapa tahap penyaringan. Puncaknya, yaitu pada penjurian tahap kedua, terpilih sepuluh UKM dari lima kategori produk sebagai pemenang.

Penyelenggaraan UKM Pangan Award 2022 ini mendapat dukungan dari Bank Rakyat Indonesia (BRI). Masing-masing pemenang mendapatkan dana pembinaan dalam bentuk Tabungan BRITAMA senilai Rp7.250.000.

ukm pangan award

Plt. Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Syailendra berharap UKM Pangan Award dan Pangan Nusa akan dapat terus mendukung para pelaku UKM yang bergerak di bidang pangan untuk meningkatkan kapasitas dan memberi motivasi yang dibutuhkan untuk terus berkembang.

“UKM Pangan Award merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan Kementerian Perdagangan untuk menjaring produk pangan terbaik dari seluruh Indonesia sebagai penghargaan atau apresiasi pemerintah kepada UKM yang bergerak di bidang pangan yang telah berkreasi, berinovasi, dan kreatif memperkenalkan potensi produk pangan unggulan daerah yang berkualitas dan berdaya saing,” kata Syailendra.

Baca juga
Indonesia-EAEU Sepakat Luncurkan Perundingan Dagang

Di sela UKM Pangan Award, juga dilaksanakan penandatanganan komitmen dagang antara UKM Indonesia, yaitu Restu Mande yang merupakan pemenang UKM Pangan Award 2016 dan 2017, dengan pembeli dari Singapura, yaitu Irando Pte Ltd.

Kesepakatan tersebut bernilai Rp100 juta untuk produk aneka olahan makanan khas Sumatra Barat dalam kemasan siap saji dan bumbu padang siap santap.

Berikut daftar Pemenang UKM Pangan Award 2022:

Kategori Produk Bumbu Masakan/ Bumbu Dapur
1. Sambal Gonze Reguler dari CV Alvaro Kulina Indonesia
2. Saus Spicy Tuna Kemasan Jar 250 gr dari PT LaRissso Rasa Nusantara

Kategori Produk Makanan Camilan
1. Kizztempe Orginal dari Zanada Corporation
2. Chocofine – Cookies Mocaf Rasa Cokelat dari Rumah Mocaf Indonesia

Kategori Produk Makanan Kemasan/ Siap Saji
1. Abon Sapi dari Rajawali – Ibu Iloh
2. Bananania – Cookies Granola Fluten Free Rasa Cokelat, Cinnamon dari CV Cariza Khanza Pratama

Baca juga
Di Penghujung Tahun, Ketum PAN Doakan Jokowi dan Bicara Kriteria Pemimpin Nasional

Produk Minuman Kemasan
1. Javana Royal – Madu Murni Isi Sarang Madu 500 gr dari CV Harmoni Multi Usaha
2. Sila – Specialty Tea – Silver Needle – Pure Tea – White Tea dari PT Sila Agri Inovasi

Inovasi Produk Unggulan Daerah
1. Sate Rembiga Goyang Lidah dari IKM Sate Rembiga Goyang Lidah
2. Hunay – Camilan Bawang Goreng Varian Rasa (Ayam Bakar, Original, Keju, Sapi Panggang).

 

Tinggalkan Komentar