Sabtu, 21 Mei 2022
20 Syawal 1443

Kemendikbud Ristek: Libur Lebaran Sekolah Diperpanjang hingga 12 Mei

Kemendikbud Ristek- inilah.com
Suasana ruang kelas saat digelarnya PTM 100 persen. (Foto inilah.com)

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) memperpanjang masa libur sekolah di Wilayah Jabodetabek.

Perpanjangan libur sekolah ini sebagai upaya bersama pemerintah untuk mengurai kemacetan pada arus balik Lebaran 2022. Terutama di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek).

Plt Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat, Kemendikbud Ristek, Anang Ristanto menjelaskan, koordinasi bersama ini melanjuti dengan memberikan fleksibilitas penambahan masa libur sekolah selama tiga hari hingga 12 Mei 2022.

Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Pemprov DKI, Jabar dan Banten terkait jadwal masuk sekolah yang mundur hingga 12 Mei 2022.

Baca juga
Foto: Aksi Bersih-bersih Masjid Sunda Kelapa

Berdasarkan kalender pendidikan itu, Dinas Pendidikan menerbitkan surat terkait kegiatan akhir semester genap tahun pelajaran 2021/2022 pada 20 Januari 2022.

Penundaan jadwal masuk sekolah juga diterapkan oleh dua provinsi lainnya di Pulau Jawa, yakni Jabar, dan Banten.

Dengan begitu, para pelajar atau satuan pendidikan di wilayah tersebut masih libur hingga Rabu 11 Mei dan baru kembali ke sekolah pada Kamis, 12 Mei.

Periode libur tersebut berbeda dengan ketentuan libur dan cuti bersama Idul Fitri 1443 Hijriah yakni dari 29 April hingga 6 Mei 2022 dan kegiatan pemerintahan baru aktif kembali pada Senin (9/5).

Baca juga
Bank Mandiri Kalteng Rogoh Rp200 Miliar Cukupi Kebutuhan Lebaran

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengimbau masyarakat yang melakukan perjalanan mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi pada momen Idul Fitri tahun ini untuk kembali lebih awal atau kembali setelah puncak arus balik.

Pemerintah sendiri memprediksi bahwa puncak arus balik akan terjadi pada 6 hingga 8 Mei 2022.

Dengan demikian para siswa dan tenaga kependidikan di Jabodetabek dapat lebih santai dan tidak melakukan perjalanan di puncak arus balik, karena diprediksi puncak arus balik akan terjadi.

Tinggalkan Komentar