Kemenkes Tegaskan Belum Ditemukan Kasus Covid-19 Varian Mu

Kemenkes Tegaskan Belum Ditemukan Kasus Covid-19 Varian Mu - inilah.com
istimewa

dr. Siti Nadia Tarmidzi, M.Epid selaku Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan RI menegaskan hingga saat ini belum ditemukan kasus covid-19 varian baru yang bernama Mu.

Upaya yang dilakukan untuk menekan penyebaran covid-19 terutama varian baru adalah dengan memaksimalkan pengetatan dan pengawasan di pintu-pintu masuk orang yang datang dari luar negeri ke Indonesia.

“Kita melakukan pengetatan dan pengawasan. Pengetatan dan pengawasan di bandara ini bukan hanya untuk pintu masuk di Jakarta, tetapi juga di pintu masuk perjalanan internasional di beberapa provinsi lainnya,” kata Siti Nadia Tarmidzi saat temu media virtual, Jakarta, Jumat, (10/09/2021).

Baca juga  Vaksinasi Covid-19 di Jakarta Masih Butuh Dukungan

Beberapa bandara yang juga harus dilakukan pengawasan antara lain seperti Bali dan juga Surabaya.

“Kita mendorong satgas bandara bersama pemerintah daerah kembali mengetatkan dan menjalankan protokol pemeriksaan karantina ini sesuai dengan surat edaran satgas no. 18 tahun 2021,” tambahnya,

Hal tersebut mengatur tentang protokol kesehatan perjalanan internasional pada masa pandemi corona virus disease 2019 (covid-19).

Perlu diketahui, terdapat fenomena aneh terkait kasus covid-19 yang terlihat landai namun sedang heboh di daerah Surabaya. Terdapat pasien yang sedang dirawat di Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya, memiliki CT Value yang sangat rendah yaitu 1,8.

Baca juga  BPOM: Empat Vaksin COVID-19 Berpeluang Besar Diproduksi di Indonesia Tahun Depan

Hal tersebut dijawab oleh pihak Kementerian Kesehatan bahwa kasus tersebut bukan termasuk dari varian Mu, yang baru hasil dari mutasi covid-19.

“Tentunya kita tunggu hasil pemeriksaan dari laboratorium Genome Sequencing yang dilakukan oleh universitas Airlangga,” papar Siti Nadia.

Tinggalkan Komentar