Kemenkes Tegaskan Varian Baru R.1 Belum ada di Indonesia

Kemenkes Tegaskan Varian Baru R.1 Belum ada di Indonesia  - inilah.com
istimewa

Direktur Pencegahan Pengendalian Penyakit Menular (P2PML) Kementerian Kesehatan RI, Siti Nadia Tarmizi menegaskan belum ditemukan varian baru dari covid-19 yang bernama R.1 di Indonesia. Menurut Nadia, jenis varian baru ini hingga kini masih dalam kategori under monitoring.

“Belum ada (Varian R.1).  Ini masih varian under monitoring,” kata Nadia kepada INILAHCOM lewat pesan singkatnya, Jakarta, Sabtu, (25/09/2021).

Artinya, masih dalam pengumpulan bukti ilmiah dari kasus-kasus yang terdapat di beberapa negara yang ditemukan sebelumnya.

Varian R.1 hingga kini masih jadi kelas keliga dari varian atau mutasi virus. Menurut Nadia, mutasi virus ini baru ditemukan di beberapa negara. Selain Amerika juga dilaporkan virus tersebut terdapat di Jepang.

Baca juga  Bareskrim Selidiki Dugaan Kebocoran Data eHAC

Varian R.1 diketahui pertama kali ditemukan di panti jompo di Kentucky, Amerika Serikat pada Maret 2021.  Untuk mencegah adanya penyebaran covid-19, pemerintah terus berupaya mengawasi pintu-pintu masuk ke Indonesia baik melalui Utara dan juga laut.

“Memperkuat pintu masuk negara, Karena potensi varian masuk selalu ada, yang penting adalah protokol keseahtan tetap dipatuhi seperti karantian 8-14 hari, kemudian harus tes RT PCR dua kali, baru bisa meneruskan perjalanan,” tambahnya.

Tinggalkan Komentar