Rabu, 10 Agustus 2022
12 Muharram 1444

Kemenkes Ungkap Kronologi Ashanty Tertular COVID-19 Usai Liburan

Sabtu, 08 Jan 2022 - 15:18 WIB
Ashanty Tertular Covid 19 - inilah.com
istimewa

Ashanty tertular COVID-19 untuk kedua kalinya. Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kementerian Kesehatan RI, dr. Siti Nadia Tarmizi menjelaskan, bagaimana kronologi Ashanty tertular COVID-19.

Nadia mengungkapkan, tertularnya seseorang terpapar COVID-19 hingga terkonfirmasi positif itu melalui proses inkubasi virus.

“Kalau tertular kami (Kemenkes) tidak tahu, tetapi artinya selama perjalanan ke LN  (Luar Negeri) walau saat keberangkatan hasil PCR negatif masih memugkinkan positif saat periksa di sini mengingat masa inkubasi dari virus COVID-19 itu 1-14 hari dari tertular,” papar Siti Nadia Tarmizi, saat INILAH.COM hubungi lewat telepon, Jakarta, Sabtu, (08/01/2022).

Ashanty bersama keluarga besarnya dan Gen Halilintar menghabiskan waktu liburan di Turki selama dua minggu. Saat tiba di Indonesia, Ashanty sempat menjalankan karantina di hotel yang sama dengan Aurel Hermansyah dan juga Atta Halilintar.

Ashanty Tertular COVID-19 dinyatakan positif, langsung isolasi di Rumah Sakit

Jumat, (07/01/2022), hasil tes PCR Ashanty saat pemeriksaan di Bandara soekarno Hatta menyatakan bahwa Istri Anang Hermasyah tersebut terkonfirmasi positif.

Baca juga
Gunung Semeru Kembali Erupsi, Awan Panas Guguran 2,5 Km

Setelah itu, dia langsung menjalankan evakuasi dan melakukan isolasi di Rumah Sakit yang terletak di Jakarta Selatan. Selain itu, Rombongan Ashanty lainnya masih menjalani karantina di hotel, karena hasil tes PCR negatif.

“Saat ini sesuai ketentuan semua yang positif termasuk rombongan public figure ini menjalani isolasi di RS dan yang negatif menjalani karantina di hotel karantina,” papar Nadia.

Ashanty alami gejala ringan

Nadia yang juga Juru Bicara (Jubir) Vaksinasi COVID-19 menambahkan, ada sekitar 6 orang dari rombongan keluarga artis tersebut yang terpapar COVID-19.

Pasien positif COVID-19 tersebut mengalami gejala ringan hanya batuk dan pilek.

“Mereka statusnya masih positif COVID-19 dan sebagaian besar tidak bergejala ada 2 orang dengan gejala batuk dan pilek yang ringan,” kata Nadia.

Hingga kini, Nadia menekankan, kondisi rombongan Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) tersebut dalam keadaan baik dan menunggu hasil pemeriksaan varian Omicron.

“Kondisi saat ini baik sambil menunggu hasil pemeriksaan Omicronnya,” tambah Nadia.

Baca juga
Ujung Perseteruan Internal PDIP: Benarkah Megawati Akan Mengalah?

Ashanty beberkan kronologis positif COVID-19 untuk kedua kali

Sebelumnya, Ashanty mengungkapkan kronologis dirinya terkonfirmasi positif COVID-19. Dia mengaku sudah mendapatkan dua kali dosis vaksinasi COVID-19.

Memiliki riwayat penyakit Autoimune, membuatnya tetap waspada terhadap COVID-19 yang tengah menyerangnya. Berikut adalah 6 kronologis Ashanty tertular COVID-19 usai pulang liburan dua minggu dari Turki:

1. Ashanty Akui Positif COVID-19 dari Hasil PCR saat tiba di Indonesia positif

“Begitu sampai di Indonesia saya PCR dan hasilnya positif,” tulis Ashanty pada akun instagramnya.

2. Sebelum ke Indonesia, Ashanty jalani dua kali PCR

“Saya dua kali PCR di Instanbul ketika mau pulang, di hotel mau pun di bandara, negatif,” tambahnya.

3. Menunggu hasil PCR dari bandara, Ashanty sempat jalani karantina di hotel

Ashanty sempat menampilkan kemewahan hotel yang menjadi tempat karantina usai pulang dari Turki. Dia juga sempat mengunggah akan menjalankan tes PCR lagi. Hal itu untuk memastikan Ashanty apakah benar positif COVID-19 atau tidak.

Baca juga
Wiranto Tidak Percaya Big Data Luhut terkait Penundaan Pemilu

“Akhirnya sampai hotel karantina saya menunggu hasil PCR dari bandara dan ternyata positif, langsung saya ke RS untuk karantina di RS yang sudah disetujui oleh tim SATGAS COVID,” paparnya.

4. Mengidap Autoimune, Ashanty langsung jalani evakuasi ke Rumah Sakit (RS)

“Dikarenakan saya punya penyakit autoimune dan demi keselamatan bersama, saya isolasi di RS,” paparnya.

5. Ashanty akui belum alami gejala berat

“Alhamdulillah saya belum merasakan gajala berat, namun saya tetap menjalankan proseder sesuai kesehatan saya yang punya penyakit bawaan,” tambahnya.

6. Ashanty tidak jalani karantina mandıri

“Agar tidak menyebar pada orang lain. Sehingga saya tidak karantina mandıri atau pun di hotel karantina melainkan (isolasi) di RS,” paparnya.

Tinggalkan Komentar