Minggu, 26 Juni 2022
26 Dzul Qa'dah 1443

Kemenkominfo Kampanye Literasi Digital Lewat Lagu Berani Bersuara (Hati-hati)

Sabtu, 28 Mei 2022 - 17:58 WIB
Kemenkominfo Berani Bersuara (hati-hati)
Kemenkominfo

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasiberkolaborasi dengan LALEILMANINO dan JKT48 meluncurkan kampanye literasi digital terbarunya, #BeraniBersuara. Lewat lirik lagu yang easy listening Berani Bersuara (hati-hati), kampanye ini bertujuan untuk mengedukasi muda di Indonesia, khususnya Generasi Z (Gen Z) untuk semakin bijak bermedia sosial sehingga tercipta ruang berkreasi digital yang positif, beretika, dan aman.

Sebagai bagian dari kampanye Makin Cakap Digital ini, LALEILMANINO secara apik menciptakan sebuah lagu berjudul Berani Bersuara (hati-hati) yang diluncurkan pada tanggal 27 Mei dan dinyanyikan bersama grup idol populer remaja, JKT48.

Baca juga
Kominfo Buka Beasiswa S2 Dalam Negeri, Ini Ketentuannya

Peluncuran lagu ini diikuti dengan kampanye Duet Bareng JKT48 yang mengajak Gen Z untuk bernyanyi duet bersama personil JKT48 di Tiktok dan Nyanyi Bareng Laleilmanino di Instagram, sehingga tercipta kebersamaan dan keterikatan dengan pesan yang disampaikan di dalam lirik lagu tersebut.

“Kami percaya musik adalah media yang sangat hebat untuk menyadarkan kita akan nilai-nilai baik yang terkadang sering kita lupakan. Dengan aransemen yang cukup upbeat dan penuh nada-nada riang, semoga para pendengar akan lebih mudah menerima lirik atau pesan yang tergolong serius bila dikemas secara fun, seperti judulnya maksudnya berarti hati–hati. Terkesan playful, digital, tapi maknanya dalam,” ujar Nino, perwakilan dari LALEILMANINO ditulis di Jakarta, Sabtu, (28/5/2022).

Baca juga
Terinspirasi Kartini, Menkominfo: Perempuan Jadi Pilar Utama UMKM

Di sisi lain, JKT48 menyampaikan harapan mereka agar Gen Z dapat menunjukkan budi pekerti di ranah digital .

“Masyarakat muda dan Gen Z cenderung mencari hiburan dan role model di media sosial. Melalui musik dan gerakan dance, kami ingin bisa menyentuh hati masyarakat, khususnya generasi muda di Indonesia,” ujar Sheni, perwakilan dari idol group JKT 48.

Peluncuran kampanye ini dilakukan berdekatan dengan perayaan Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh pada tanggal 20 Mei, dan sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk terus membangkitkan semangat kreatif Gen Z Indonesia dalam membuat konten positif dan berinovasi secara kreatif di platform digital secara beretika.

Tinggalkan Komentar