Rabu, 18 Mei 2022
17 Syawal 1443

Kementan Klaim Persediaan Daging Berlimpah, Pedagang Setop Mogok

Kementan Klaim Persediaan Daging Berlimpah, Pedagang Setop Mogok
Pedagang daging sapi

Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan Kementerian Pertanian, Tri Melasari mengklaim pedagang daging sapi Jabodetabek sudah berjualan guna menjaga persediaan.

Dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (3/3/2022), Melasari mengatakan bahwa Kementerian Pertanian terus melakukan pemantauan melalui Petugas Informasi Pasar (PIP) yang tersebar di seluruh pasar wilayah Jabodetabek.

Untuk area Jakarta Selatan di antaranya Pasar Minggu, Pasar Kebayoran dan Pasar Buncit saat ini para pedagang sudah mulai aktif berjualan. Sedangkan untuk wilayah Jakarta Timur seperti Pasar Perumnas Klender, Pasar Jatinegara dan Lokbin Makasar, pedagang juga sudah aktif kembali.

Demikian juga untuk wilayah Jakarta Pusat yakni Pasar Thomas Cideng, Pasar Senen Blok C, Pasar Abdul Gani. Jakarta Utara yakni Pasar Koja Baru, Pasar Kelapa Gading, Lokbin Rorotan, dan Jakarta Barat Lokbin Meruya Ilir, Pasar Slipi, Pasar Tomang Barat sudah aktif berjualan.

Baca juga
Kementan Dukung PSR Solusi Gaduhnya Masalah Minyak Goreng

“Bagi masyarakat yang ingin dapat mengakses daging beku juga bisa membelinya melalui Toko Tani Indonesia (TTI) yang tersebar di wilayah Jabodetabek. Toko Tani tersebut diantaranya ada di wilayah Jati Asih Bekasi, Rawasari Jakarta, Bintara, Pangkalan Jati, Cikarang, Bekasi Timur, Pamulang, Kalideres, Cinere, Pasar Minggu, Bogor, Bekasi Utara,” kata Melasari.

Melasari juga menambahkan bahwa Kementerian BUMN melalui Perum Bulog juga telah mulai mengadakan pasar murah yang diselenggarakan di kelurahan-kelurahan wilayah DKI Jakarta.

“Bulog Goes to Kelurahan ini tersebar di wilayah Jakarta Pusat (Petamburan, Kemayoran, Sumur Batu, Galur, kampung Rawa dan Paseban), wilayah Jakarta Timur (Cakung Timur, Penggilingan, Kayu Putih, Kebon Pala, Ciracas dan Duren Sawit), wilayah Jakarta Utara (Kebon Bawang, Koja, Sukapura, Pegangsaan Dua, Semper Barat dan Penjaringan,” katanya.

Baca juga
Di Banda Aceh Harga Daging Sapi Sudah Tembus Rp170.000 per Kilogram

Ketua Asosiasi Pedagang Daging Indonesia (APDI) Achyat mengatakan bahwa kebutuhan daging tersedia dengan baik di pasar-pasar tradisional, dan aktivitas pasar sudah kembali normal.

Menurutnya, pasokan daging sapi akan didistribusikan ke seluruh pasar Jabodetabek. Sementara itu, Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Nasrullah menyampaikan, secara keseluruhan ketersediaan daging dan sapi untuk bulan Maret, April hingga Mei 2022 mencukupi, baik dari sapi bakalan, sapi pedaging yang siap potong maupun daging beku.

“Sesuai arahan Bapak Menteri Pertanian kita akan perkuat untuk distribusi ke pasar-pasar utama, sehingga semuanya aman hingga Lebaran nanti,” katanya.

Tinggalkan Komentar