Jumat, 20 Mei 2022
19 Syawal 1443

Kementerian PUPR Rampungkan Jalan Pansela Jatim untuk Akses Wisata Lebaran 2022

1651310094 Picsay - inilah.com
1651310094 Picsay

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melanjutkan penyelesaian Jalan Pantai Selatan (Pansela) Jawa yang ditargetkan tersambung hingga Kabupaten Banyuwangi di Provinsi Jawa Timur.

Berdasarkan data, saat ini penanganan Jalan Pansela di Provinsi Jawa Timur yang sudah ditangani sekitar 340,72 km dari total panjang 627,58 km.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyatakan, Lintas Pansela yang dibangun sudah tembus dari Cibaliung, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten melalui Kebumen, Cilacap, Wonosari sampai ke Pacitan Provinsi Jawa Timur.

“Jalan Pansela dibangun dengan biaya dari APBN, Asian Development Bank (ADB) dan Islamic Development Bank (IDB) ini dimulai sejak 6 tahun lalu, kita bangun secara bertahap. Nanti di tahun 2024 akan kita teruskan hingga tersambung sampai Banyuwangi, Jawa Timur,” tutur Menteri Basuki.

Baca juga
Penanganan Longsor di Ruas Pringsurat - Temanggung, Menteri Basuki Perintahkan Tuntas H-10 Lebaran 2022

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Timur-Bali Achmad Subki mengatakan, beberapa ruas jalan yang sudah selesai akan disiapkan menjadi jalur penghubung wisata Lebaran tahun 2022 terutama di pekerjaan Lot 6 yang menyambungkan Prigi-Bts.Kab Tulungagung-Klatak-Brumbun dengan total panjang 18,18 km yang telah mencapai 78,4%.

“Ketika liburan Lebaran tahun 2022 karena kita sebagian masih konstruksi maka tidak akan jadi jalur mudik, tetapi untuk beberapa ruas Pansela di Jawa Timur yang sudah tersambung kita fokuskan untuk dimanfaatkan sebagai jalur liburan Lebaran, salah satunya untuk menuju Pantai Gemah yang sudah bisa terakses,” kata Subki.

Baca juga
Menteri Basuki: ASN Harus Memiliki Karakter yang Baik, Kuat, dan Akhlakul Karimah

Pembangunan ruas jalan ini diharapkan bisa memperlancar arus perekonomian barang jasa dan meningkatkan pendapatan daerah melalui sektor pariwisata khususnya di daerah Kabupaten Tulung Agung dan Kabupaten Trenggalek. Jalan ini nantinya bisa memutus kesenjangan perekonomian antara jalur pantai utara dan selatan, ditambah jalur lintas selatan lot 6 ini dipenuhi dengan potensi wisata alam dengan banyak terdapat pantai.

Beberapa pantai yang terdapat di Pansela lot 6 Jawa Timur ini adalah Pantai Ngelarap Besuki, Pantai Gemah, Pantai Kuteng Watulimo, Pantai Karanggonso, Pantai Pasir Putih, Pantai Genjor, Pantai Popoh, Pantai Kapal.

Saat ini Kementerian PUPR bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten setempat juga tengah membangun tempat isitrahat (rest area) yang akan menyajikan pemandangan indah saat melalui ruas-ruas Pansela di Jawa Timur.

Baca juga
Waketum DMI Syafruddin Serahkan 50 Mushaf Al-Qur'an untuk Warga Muslim Prancis

Berdasarkan data ada di tiga titik _rest area_ yang tengah dibangun, pertama ada di Tumpak Oentang di Kab Trenggalek seluas 25 hektare (ha) yang menyajikan pemandangan Teluk Perigi di bagian kanan, Teluk Gemah di bagian kiri dan perbukitan yang terhampar hijau.

_Rest area_ selanjutnya adalah _rest area_ Gemah seluas 3 ha dengan potensi pantai yang masih belum terjamah banyak wisatawan seperti Pantai Kuteng Watulimo Trenggalek. Potensi wisata selanjutnya adalah pembangunan _rest area_ yang terdapat di Pantai Brumbun di wilayah Tulungagung seluas 3 hektare dengan pemandangan bukit-bukit hijau dan dipenuhi tanaman jagung.

Tinggalkan Komentar