Minggu, 02 Oktober 2022
06 Rabi'ul Awwal 1444

Kenali Apa Itu Chatbot? Fungsi, Cara Kerja, dan Keuntungannya

Kamis, 18 Agu 2022 - 22:27 WIB
Cahtbot - inilah.com
Cahtbot

Apakah Anda sudah tahu bahwa saat ini ada sebuah robot pintar yang dapat melakukan percakapan dengan sangat akurat? Ya, robot pintar tersebut bernama chatbot dan merupakan robot virtual yang diciptakan dengan berbasis kecerdasan buatan Artificial Intelligent (AI).

Robot pintar yang satu ini akan melakukan percakapan dengan menggunakan bahasa yang alami, sehingga isi dari percakapan tersebut akan lebih mudah dipahami. Biasanya, alat ini akan digunakan pada beberapa jenis aplikasi pesan, website, maupun aplikasi mobile tertentu.

Dengan menggunakan chatbot AI, baik pihak pelanggan maupun pelaku usaha bisa mendapatkan keuntungan yang sepadan. Jika pelanggan bisa lebih mudah untuk berbicara dengan customer service, sedangkan pelaku usaha bisa lebih mudah mendapat kepercayaan dari pelanggan.

5 Fungsi Chatbot dalam Dunia Bisnis

Meskipun proses percakapan ini akan dilakukan oleh manusia dengan robot, tetapi isi dari percakapan tersebut tidak akan terlihat kaku dan aneh. Bahkan, robot pintar ini mampu memberikan pengalaman seolah-olah sedang berbicara dengan pihak customer service yang sesungguhnya.

Tidak hanya itu, fitur chatbot ini juga memiliki beragam fungsi lainnya yang tidak kalah menguntungkan jika diterapkan dalam suatu bisnis tertentu. Untuk itu, para pelaku usaha wajib mengetahui tentang apa saja fungsi yang dimaksud tersebut, dan antara lainnya adalah:

1. Mengirimkan Pengingat dan Notifikasi kepada Para Pelanggan

Salah satu fungsi utama dari fitur ini adalah untuk mengirimkan pengingat dan notifikasi kepada para pelanggan yang bersangkutan. Seperti yang sudah banyak orang tahu, aktivitas ini akan membutuhkan waktu yang cukup lama jika dilakukan langsung oleh tenaga manusia.

Untuk menghemat waktu yang harus dikeluarkan dalam hal ini, sudah ada banyak perusahaan yang memanfaatkan keberadaan robot pintar tersebut.Dengan begitu, pelanggan juga bisa lebih mudah untuk mendapatkan notifikasi yang berkaitan dengan produk maupun jasa yang sedang dibutuhkannya.

2. Melayani Pelanggan dengan Cepat

Pelayanan dalam sebuah bisnis memang termasuk salah satu faktor yang harus diperhatikan dan dijaga oleh setiap pelaku usaha. Ketika sebuah perusahaan mampu memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggannya, maka tingkat kredibilitas dari perusahaan tersebut akan semakin tinggi.

Tentu ketika hal ini terjadi perusahaan bisa mendapat keuntungan yang lebih besar. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan pelayanan yang ada dalam perusahaan Anda adalah dengan menggunakan chatbot profesional dan terpercaya.

Pasalnya, fitur ini juga memiliki fungsi untuk merespon beragam keluhan dan pertanyaan yang datang dari setiap pelanggan. Nantinya, respon ini bisa didapatkan oleh setiap pelanggan secara lebih cepat.

3. Mengenalkan Produk/Jasa kepada Para Pelanggan

Fungsi lain dari robot pintar yang satu ini adalah mengenalkan produk kepada para pelanggan dengan menggunakan katalog yang lebih lengkap. Dengan adanya katalog yang disediakan oleh pihak perusahaan ini, pelanggan bisa lebih mudah untuk memilih kebutuhannya.

Baca juga
Asia Multidana, Membawa Sepak Bola Tak Hanya Sekedar Olahraga

Nantinya, robot pintar yang digunakan oleh suatu perusahaan tertentu ini mampu memperkenalkan katalog produk maupun jasa tersebut secara lebih luas. Jadi, hal ini juga bisa memberikan pengaruh yang besar terhadap tingkat penjualan dari perusahaan itu sendiri.

4. Melancarkan Proses Pembelian Produk/Jasa

Fitur yang dijalankan oleh sebuah robot ini juga mampu melancarkan proses pembelian produk maupun jasa yang sedang ditawarkan oleh suatu perusahaan tertentu. Dengan begitu, perusahaan tidak perlu mencari tenaga kerja yang mampu melakukan tugas ini dengan baik.

Setiap perusahaan bisa mengandalkan fitur chatbot untuk melakukan tugas tersebut. Sebab, fitur ini akan selalu siap untuk menjawab segala jenis pertanyaan dari para pelanggan, yang berkaitan dengan produk maupun jasa yang hendak dibelinya.

Jadi, pihak pelanggan akan lebih mempercayai kualitas dari produk maupun jasa yang sedang ditawarkan tersebut.

5. Mengumpulkan Feedback dari Para Pelanggan

Robot virtual berbasis Artificial Intelligent (AI) ini juga bisa digunakan untuk mengumpulkan feedback yang diberikan oleh setiap pelanggan sebelumnya.
Maka dari itu, sudah ada banyak orang yang percaya bahwa fitur ini merupakan salah satu alat terpenting dalam dunia bisnis.

Feedback yang telah dikumpulkan oleh robot pintar ini nantinya bisa dijadikan sebagai pengukur, agar perusahaan bisa semakin berkembang ke arah yang lebih baik lagi. Jadi, hal ini juga dapat memberikan pengaruh yang baik untuk perusahaan yang menggunakannya.

Cara Kerja Chatbot dalam Bisnis

Cara kerja yang berlaku dalam robot pintar ini juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis dari masing-masing perusahaan yang bersangkutan. Sebagai contoh, Anda bisa mengatur robot pintar tersebut untuk memberi jawaban yang akurat atas pertanyaan dari para pelanggan.

Selain itu, robot pintar ini akan didukung dengan 3 jenis sistem operasional yang berbeda, sehingga Anda perlu mengenalnya satu per satu:

1. Penyesuaian Pola

Chatbot yang didukung jenis sistem operasional satu ini akan bekerja dengan cara memindai kata kunci yang dimasukkan oleh setiap pelanggan. Kemudian, robot akan menanggapi pertanyaan tersebut dengan jawaban yang paling akurat.

Lalu, bagaimana jika ada pertanyaan yang tidak sesuai dengan pola kata kunci? Jika hal ini benar-benar terjadi, maka robot pintar tersebut tidak akan bisa memberikan jawaban yang sesuai kebutuhan setiap pelanggan.

2. Decision Tree-Based

Apa yang dimaksud dengan decision tree-based? Decision tree-based adalah salah satu sistem dalam chatbot yang mampu memberikan pilihan pertanyaan di bagian awal percakapan. Jadi, Anda hanya bisa memilih pertanyaan yang sudah tersedia di dalam sistem tersebut.

Baca juga
China Tetap Jalin Kerja Sama Dagang dengan Rusia

Jika di dalam sistem tersebut tidak ada kata kunci yang sesuai, maka pelanggan bisa diarahkan ke fitur call center. Sehingga, para pelanggan bisa langsung menghubungi pihak perusahaannya langsung dan menanyakan tentang kendalanya tersebut.

3. Contextual

Berbeda dengan kedua sistem sebelumnya, untuk sistem yang satu ini akan menggunakan alat kecerdasan buatan yang bernama machine learning.

Alat ini akan sangat bermanfaat dalam dunia bisnis, karena dapat membuat chatbot merespon segala jenis pertanyaan dengan bahasa yang alami.

Nantinya, Anda bisa mengumpulkan berbagai macam jenis data yang lengkap di sini. Dengan begitu, kapasitas dari robot pintar itu sendiri akan semakin berkembang dalam memberikan respon yang terbaik.

5 Keuntungan Menggunakan Chatbot dalam Bisnis

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan oleh setiap pelaku usaha yang memilih untuk menggunakan robot pintar ini di sistem perusahaannya. Dalam hal ini, apakah Anda sudah tahu apa saja keuntungan yang dimaksud tersebut?

Berikut adalah beberapa jenis keuntungan yang bisa diperoleh setiap pelaku usaha yang menggunakan fitur chatbot dalam sistem perusahaannya, yaitu:

1. Menghemat Waktu dan Biaya

Dengan menggunakan robot pintar yang satu ini dalam memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan, perusahaan bisa lebih menghemat waktu dan biaya yang harus dikeluarkan. Sebab, perusahaan tidak perlu mengerjakan tugas ini secara manual.

Dengan adanya alat yang berbasis kecerdasan buatan AI ini, perusahaan tidak perlu merekrut karyawan untuk melayani pelanggan secara online. Anda bisa melakukan aktivitas ini hanya dengan mengandalkan robot pintar yang satu ini.

Nantinya, fitur ini bisa melayani para pelanggan setiap saat, sehingga pelanggan bisa selalu mendapatkan jawaban yang tepat dan sesuai dengan kebutuhannya.

2. Mendukung Lead Generation dalam Bisnis

Masih ada beberapa orang yang belum tahu bahwa robot pintar yang satu ini juga mampu mendukung lead generation dalam suatu bisnis tertentu.

Pada dasarnya, chatbot adalah salah satu alat paling efektif yang bisa digunakan untuk mengumpulkan informasi penting dalam dunia bisnis.

Dengan adanya kumpulan informasi penting yang dimiliki suatu perusahaan tertentu ini, mereka bisa lebih mudah untuk menganalisis faktor yang ada di dalamnya.

Jadi, perusahaan juga bisa lebih mudah untuk mengetahui pelanggan seperti apa yang akan paling potensial untuk bisnisnya.

Keuntungan ini bisa memberikan pengaruh yang sangat baik terhadap sistem perusahaan itu sendiri. Sehingga, tidak hanya pihak pelanggan saja yang bisa diuntungkan, tetapi pihak perusahaan juga bisa merasa diuntungkan.

3. Meningkatkan Customer Satisfaction Perusahaan

Umumnya, pelanggan akan lebih menyukai perusahaan yang mampu memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggannya. Salah satu jenis pelayanan yang akan disukai dan dicari oleh setiap pelanggan adalah fitur bantuan yang dimilikinya.

Baca juga
Urusan Mengerem Utang Luar Negeri, Jokowi Perlu Belajar dari Soeharto

Setiap perusahaan wajib menggunakan bahasa yang alami ketika menjawab segala jenis pertanyaan yang diberikan oleh para pelanggan.

Jadi, meskipun Anda menggunakan robot untuk menjawab pertanyaan ini, bahasa yang digunakan tetap harus alami dan mudah dipahami. Dengan bahasanya yang terlihat alami dan mudah dipahami seperti ini, akan membuat perusahaan memiliki tingkat kepuasan pelanggan yang semakin besar.

Nantinya, kepuasan pelanggan dapat menciptakan pengaruh yang baik untuk perusahaan, karena pelanggan akan selalu setia membeli dan menggunakan produk dari perusahaan tersebut.

4. Meningkatkan Penjualan di Setiap Waktu

Keuntungan lain yang bisa didapatkan oleh setiap pelaku usaha ketika menggunakan chatbot dalam bisnisnya adalah mampu meningkatkan penjualan secara lebih signifikan. Pasalnya, penjualan akan secara otomatis meningkat ketika pelanggan selalu puas dengan pelayanan yang selalu diberikan.

Maka dari itu, setiap perusahaan wajib menjaga hubungan yang baik dengan para pelanggan, agar tingkat penjualan perusahaan bisa selalu meningkat. Salah satu cara yang bisa dilakukan para pelaku usaha adalah dengan menyediakan chatbot profesional seperti ini.

Robot pintar ini mampu menjawab segala jenis pertanyaan yang diberikan para pelanggan serta bisa menawarkan katalog produk maupun jasa kepada pelanggan yang lebih luas. Jadi, perusahaan bisa mengambil untung dari aktivitas ini.

5. Meningkatkan Brand Image Perusahaan

Robot pintar yang berbasis Artificial Intelligent (AI) ini juga mampu meningkatkan brand image yang sudah dibangun oleh sebuah perusahaan tertentu. Nantinya, robot pintar tersebut dapat dimodifikasi dengan menggunakan bahasa-bahasa tertentu.

Jadi, Anda juga bisa menyesuaikan bahasa tersebut dengan akun media sosial yang Anda gunakan. Dengan begitu, pelanggan bisa lebih mudah memahami fitur dan katalog produk yang telah disediakan perusahaan.

Fitur chatbot dalam dunia bisnis mampu mengoptimalkan pelayanan pelanggan dengan sistem pengalihannya yang terbaik. Dengan begitu, angka penjualan perusahaan Anda bisa selalu meningkat secara signifikan dan memberikan keuntungan terbaik ke dalam perusahaan.

Salah satu chatbot AI terbaik yang ada di Indonesia bisa ditemukan di situs https://mekari.com/. Dengan menggunakan fitur ini, Anda bisa menjawab chat pelanggan secara otomatis dan cepat. Hal ini dapat membuat pelanggan merasa lebih puas dengan pelayanan yang diberikan oleh perusahaan

Tinggalkan Komentar