Jumat, 27 Mei 2022
26 Syawal 1443

Kenali Gejala Fisik, Mental, dan Emosional pada Pria Alami Depresi

Pria Alami Depresi
Freepik

Depresi adalah kondisi serius yang mempengaruhi cara seseorang berpikir, merasa, dan bertindak. Kondisi ini ternyata tidak hanya menimpa para perempuan, tetapi juga pria. Ternyata, kaum pria alami depresi bisa dikenali dari berbagai gejala.

Menurut data dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), perempuan mengalami depresi pada tingkat yang lebih tinggi daripada pria. Namun, diperkirakan bahwa para pria alami depresi mungkin kurang terwakili dalam angka-angka ini.

Hal tersebut mungkin saja terjadi karena campuran faktor sosial dan biologis yang membuatnya lebih sulit untuk memperhatikan dan mendiagnosis depresi pada pria. Mereka mungkin juga merasa ditekan secara budaya untuk bertindak jantan dengan menyembunyikan emosinya.

Baca juga
Wow, Setiap 40 Detik Seseorang Bunuh Diri di Seluruh Dunia

Karena itu, para pria mungkin saja mengalami depresi namun dengan gejala yang berbeda dan terkadang lebih sulit untuk diidentifikasi.

Gejala fisik depresi pada pria

Pria dengan depresi mungkin pertama kali akan terlihat pada fisiknya. Meski depresi dianggap sebagai gangguan kesehatan mental, hal itu juga dapat bermanifestasi dalam tubuh.

Banyak pria lebih cenderung mengunjungi dokter mereka untuk masalah fisik daripada masalah emosional.

Beberapa tanda fisik umum dari depresi yang dialami pria di antaranya sesak dada, masalah pencernaan seperti gas, diare, dan sembelit, disfungsi ereksi dan masalah seksual lainnya, sakit kepala, masalah hormonal seperti testosteron rendah, rasa sakit, jantung berdebar kencang, atau jantung berdebar-debar serta penurunan berat badan yang tidak disengaja (dan terkadang penambahan berat badan), seperti yang dikutip dari healthline, ditulis di Jakarta, Kamis, (03/03/2022).

Baca juga
Sembilan Cara Cegah Bunuh Diri

Gejala mental depresi pada pria

Gejala mental depresi dapat muncul secara berbeda pada pria dibandingkan dengan perempuan. Inilah yang membuat depresi pada pria sulit untuk dideteksi.

Gejala-gejala ini dapat mengganggu cara seseorang berpikir dan memproses informasi, mempengaruhi perilaku dan emosi.

Beberapa gejala mental depresi yang paling umum pada pria meliputi ketidakmampuan untuk berkonsentrasi, masalah memori, pola pikir obsesif-kompulsif, mencemaskan yang belum terjadi, masalah tidur, biasanya sulit tidur atau tetap tertidur serta pikiran untuk bunuh diri.

Gejala emosional

Saat mendengar kata depresi, kebanyakan orang akan memikirkan sesuatu yang sedih atau muram. Namun, kesedihan hanyalah salah satu dari banyak kemungkinan emosi yang dapat ditimbulkan oleh depresi.

Baca juga
9 Penyebab Siklus Haid Tidak Teratur

Selain kesedihan, pria mungkin mengalami gejala depresi emosional seperti agitasi, agresi, amarah, penarikan diri secara emosional dari teman, keluarga, dan rekan kerja, keputusasaan, kurangnya minat pada keluarga, komunitas, hobi, dan pekerjaan, kurangnya libido dan kegelisahan.

Tinggalkan Komentar