Jumat, 12 Agustus 2022
14 Muharram 1444

Kenali Infeksi Paru, Penyakit yang Diderita Menpan RB Tjahjo Kumolo Sebelum Meninggal Dunia

Jumat, 01 Jul 2022 - 13:31 WIB
Infeksi Paru Tjahjo Kumolo
Tangkapan layar dari Instagram @tjahjokumolostory

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat, (1/7/2022). Tjahjo Kumolo sebelumnya menjalani perawatan medis di RS Abdi Waluyo. Sebelum meninggal, pihak keluarga yaitu Rahajeng Widyaswari mengungkapkan bahwa ayahnya menderita sakit infeksi paru.

Lantas, apa itu infeksi paru hingga bisa mengancam jiwa?

Infeksi paru-paru terjadi ketika mikroba berbahaya, seperti bakteri atau virus, masuk ke paru-paru dan menyebabkan kerusakan. Tingkat keparahan infeksi paru-paru dapat berkisar dari ringan hingga mengancam jiwa, seperti mengutip dari Medical News Today, Jumat, (1/7/2022).

Meskipun sebagian besar jenis infeksi paru-paru dapat diobati dan kebanyakan orang sembuh, infeksi ini juga sangat berbahaya. Ini terutama terjadi pada bayi, orang dewasa yang lebih tua, dan orang dengan penyakit paru-paru atau sistem kekebalan yang lemah.

Baca juga
Menilik Lonjakan Kasus Covid-19 di Singapura dan Australia

Mengidentifikasi jenis infeksi paru-paru yang dimiliki seseorang penting untuk mengobatinya. Meskipun gejalanya dapat membantu dalam hal ini, seseorang tidak dapat mendiagnosis sendiri infeksi paru-parunya.

Juga, penyakit yang mengancam jiwa seperti kanker paru-paru dapat menyerupai gejala infeksi paru-paru tertentu, jadi penting untuk menghubungi dokter.

Infeksi paru-paru bisa serius, terutama ketika mereka menyebar jauh ke dalam paru-paru atau melakukan perjalanan ke aliran darah. Ketika yang terakhir terjadi, mereka dapat merusak organ lain, seperti ginjal atau jantung.

Meskipun tidak ada alasan untuk panik, menerima perawatan medis segera dapat menyelamatkan nyawa. Jika seseorang mencurigai bahwa mereka memiliki infeksi paru-paru, mereka harus menghubungi dokter.

Baca juga
3 Cara Mudah Penuhi Sarapan dengan Gizi Seimbang

Kabar duka Tjahjo Kumolo

Kabar duka Tjahjo Kumolo ini disampaikan politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hendrawan Supratikno.

“Telah kembali keharibaan Allah yang Maha Pengasih dan Maha Memiliki HambaNya, Bapak Tjahjo Kumolo, Menpan RB,” kata Hendrawan melalui pesan singkat, Jumat (1/7/2022).

Hendrawan menyebut, Tjahjo mengembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit (RS) Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta Pusat, pukul 11.10 WIB.

“Semoga Allah SWT menerima semua amal ibadah, mengampuni segala dosa dan kesalahannya, dan memasukkan ke surga-Nya. Aamiin Ya Robbal Alamin,” ujar Hendrawan

Sebelumnya, Tjahjo menjalani perawatan di RS Abdi Waluyo. Sekretaris Kemenpan RB Rini Widyantini pada Jumat (23/6/2022) mengatakan, mantan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) ini harus menjalani perawatan intensif hingga kondisinya stabil.

Tinggalkan Komentar