Kenali Penyakit Autoimun yang Serang Imunitas Diri Sendiri

Kenali Penyakit Autoimun yang Serang Imunitas Diri Sendiri  - inilah.com
istimewa

Meningkatnya kasus penderita autoimun belakangan ini didukung oleh data The Lupus Foundation of America yang memperkirakan ada 16 ribu kasus baru penyakit autoimun lupus setiap tahunnya di seluruh dunia. 

Sayangnya, kesadaran masyarakat terhadap penyakit autoimun saat ini masih rendah karena gejalanya yang bervariasi dan menyerupai beragam penyakit lainnya.

Dr. dr. Stevent Sumantri, DAA, SpPD, K-AI, Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan dosen kedokteran memaparkan, penyakit autoimun merupakan suatu kondisi di mana sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang tubuh sendiri karena tidak dapat membedakan antara sel asing dan sel tubuh sendiri. 

“Sistem kekebalan tubuh salah mengira bagian tubuh sendiri, seperti persendian atau kulit, sebagai benda asing dan melepaskan protein yang disebut autoantibodies untuk menyerang sel-sel sehat,” kata Stevent Sumantri, dikutip dari siaran pers, Jakarta, Sabtu, (09/10/2021). 

Saat ini ada lebih dari 150 jenis penyakit autoimun yang diketahui, dapat ditandai dengan munculnya gejala-gejala umum seperti kelelahan, otot pegal, bengkak dan kemerahan, demam ringan, mati rasa dan kesemutan di tangan dan kaki, rambut rontok, serta ruam kulit. 

Penyakit autoimun dapat menyebabkan timbulnya penyakit lainnya, atau bahkan berakibat fatal jika tidak ditangani dengan baik dan tepat. Terlebih pada masa pandemi Covid-19, virus yang masih belum tahu kapan hilang dari muka bumi ini lebih menyerang imunitas tubuh seseorang. 

“Namun pasiennya dapat menjalani hidup dengan baik dan nyaman jika terdiagnosis sejak awal serta mendapatkan perawatan yang tepat secara konsisten,” tambahnya.

Baca juga  Peringatan Maulid Nabi Sebagai Rasa Syukur Bangkit dari Pandemi COVID-19

Tinggalkan Komentar