Kenali Penyakit GERD yang Dialami Wali Kota Bandung Sebelum Meninggal

Oded M Danial - inilah.com
istimewa

Sebelum meninggal dunia, Wali Kota Bandung Oded M Danial diketahui sempat mendapatkan perawatan di rumah sakit karena mengeluh sakit asam lambung. Ini juga mengakibatkan timbulnya sakit di bagian lambung dan ulu hati. Saat itu dia masuk rumah sakit pada Juli lalu.

Lantas apa yang perlu diketahui tentang GERD?

Gastroesophageal reflux disease (GERD) dapat dianggap sebagai gejala kronis mulas.

Istilah ini mengacu pada seringnya back up (refluks) isi lambung (makanan, asam) ke kerongkongan – tabung yang menghubungkan tenggorokan ke perut. GERD juga mengacu pada serangkaian komplikasi medis, beberapa serius, yang dapat timbul dari refluks ini, seperti yang dikutip dari WebMD, Jakarta, Jumat, (10/12/2021).

Baca juga  Punya Elektabilitas Lumayan, Kang Emil Beri Kode ke Parpol

Meskipun menyebabkan ketidaknyamanan, mulas sesekali tidak berbahaya. Sekitar 20 persen orang dewasa di AS mengalami gejala seperti mulas dan regurgitasi asam setidaknya sekali seminggu.

Tetapi jika Anda sering mengalami mulas dan tidak diobati, asam lambung Anda dapat mengobarkan lapisan kerongkongan atau saluran tenggorokan, yang berpotensi mempersempitnya.

Asam lambung juga dapat mengubah sel-sel lapisan kerongkongan Anda.

Isi perut Anda juga dapat berpindah ke tenggorokan, mengiritasi tenggorokan atau pita suara dan menyebabkan suara serak dan batuk kering yang kronis.

 

Tinggalkan Komentar