Kenali Penyebab Suara ‘Gluduk-gluduk’ dari Roda Depan Mobil

Roda Depan Mobil

Bagi para pemilik mobil yang menemukan suara asing dari roda bagian depan disarankan untuk tidak membiarkannya terlalu lama. Adapun bunyi aneh itu terjadi biasanya ketika menemukan jalan yang bergelombang.

Agar bisa lebih waspada dan tahu apa yang harus dilakukan, maka pemilik kendaraan harus tahu penyebab dari bunyi yang mengganggu satu ini.

Sedikitnya ada lima penyebab bunyi ‘gluduk-gluduk’ pada roda bagian depan. Apa saja?

1. Bushing Stabilizer yang Alami Kelonggaran

Penyebab bunyi pada roda depan mobil bisa datang dari komponen Bushing Stabilizer. Komponen ini memiliki fungsi yang penting dalam mencegah getaran sampai pada sasis mobil.

Namun, Bushing Stabilizer akan bisa longgar, tipis, atau bahkan rusak karena faktor penggunaan yang lama.

“Karena Bushing Stabilizer terbuat dari material karet yang seiring dengan waktu mengalami deformasi bentuk dan penurunan kualitas atau getas, sehingga timbul celah antara Link Stabilizer dan Bushing itu sendiri, sehingga saat melewati jalan berguncang akan timbul bunyi ‘gluduk-gluduk’ pada roda depan mobil,” ungkap Kepala Bengkel Auto2000 Grand Depok City Primaghany seperti dikutip dari laman resmi Auto2000.

Baca juga  Inilah 4 Tips Biar Bisa Beli Mobil Baru Meski Tertekan Pandemi

Fungsinya yang menahan getaran Link Stabilizer menggunakan isolator berupa karet bisa saja penyebab mengapa bagian ini akan longgar. Jika karet ini aus, maka otomatis Bushing Stabilizer pun akan longgar.

Selain karet tadi, Bushing Stabilizer juga bisa longgar karena pemasangan baut pengikat yang tidak kencang.

2. Long Tie Rod yang Haus

Long Tie Rod merupakan komponen yang terdiri atas Tie Rod, Ball Joint, dan Rack End. Semuanya akan bekerja sama membuat bagian kaki-kaki mobil bisa tetap selaras dengan gerak setir.

Apabila Long Tie Rod atau salah satu komponennya aus, maka akan terjadi kelonggaran yang bisa menyebabkan bunyi ‘gluduk-gluduk’ muncul. Dan yang terlebih parah adalah jika terlalu dibiarkan lama hal ini akan menyebabkan setir kendaraan terasa sangat berat.

Kondisi Long Tie Rod yang aus ini biasanya disebabkan cara mengemudi yang tidak tepat saat melewati jalan rusak.

Baca juga  Alumni ITB Wujudkan Metaverse Ibu Kota Baru Indonesia

Di saat berada pada kecepatan yang tinggi dan kemudian melewati jalan berlubang, maka Long Tie Rod akan menerima beban yang berat, dan kemudian menyebabkan komponen saling bertabrakan menjadi haus.

Usahakan untuk berada pada kecepatan yang rendah ketika melewati jalanan yang tidak mulus.

Primaghany juga menyebut bahwa kehausan yang disebabkan oleh Long Tie Rod dapat menyebabkan bunyi-bunyi yang aneh pada roda bagian depan kendaraan kesayanagan kita.

“Bunyi aneh yang timbul bila kendaraan berjalan di medan bergelombang. Pada beberapa kondisi, getaran dapat terasa hingga roda kemudi atau setir,” kata dia.

3. Shockbreaker Bermasalah

Saat melintasi jalanan rusak atau permukaan yang tidak rata dan kemudian mendengar bunyi ‘gluduk-gluduk’ ini, maka bisa jadi ada kerusakan pada bagian shockbreaker mobil.

Lakukan pemeriksaan cepat dengan merasakan ayunan shockbreaker saat melalui jalanan yang tidak rata.

Baca juga  Ini Alasan Tak Boleh Nyalakan Lampu Hazard Saat Hujan

Apabila terasa ayunan naik-turun setelah melalui jalanan tidak rata, bisa dipastikan shockbreaker mobil Anda mengalami kerusakan yang harus segera ditangani.

4. Karet Support Shockbreaker Rusak

Karet support yang tepat berada pada bagian atas komponen shockbreaker yang terhubung langsung dengan bodi mobil ini akan bisa menjadi penyebab bunyi yang mengganggu jika mengalami kerusakan.

Bunyi tersebut akan terdengar saat mobil melintas di jalanan yang tidak rata, berasal dari arah roda mobil bagian atas. Solusinya adalah dengan mengganti karet support atau menyetel ulang baut pengikatnya.

5. Karet Bushing Arm Menipis

Bushing Swing Arm akan menahan getaran dari ban mobil dan mesin mobil. Umumnya, sebuah mobil memiliki delapan buah Bushing Arm, empat di bagian depan dan empat di bagian belakang.

Jika karet pada Bushing Arm menipis, maka Anda akan bisa mendengar bunyi-bunyi gluduk. Untuk mengatasinya, Anda harus mengganti karet Bushing Arm dengan yang baru.

 

Tinggalkan Komentar