Kamis, 30 Juni 2022
01 1444

Kenang Buya Syafii Maarif, Zulhas: Sosok Inspiratif

Jumat, 27 Mei 2022 - 12:05 WIB
Diversity Award 300318 Pus 1 - inilah.com
Ketum PAN mengenang Buya Syafii Maarif yang berpulang di Yogyakarta, Jumat (27/5/2022), sebagai figur inspiratif. Foto: Antara

Ketua Umum DPP PAN, Zulkifli Hasan (Zulhas) mengenang sosok Ahmad Syafii Maarif atau akrab disapa Buya Syafii Maarif. Cendekiawan Muslim yang berpulang di Yogyakarta, Jumat (27/5/2022) itu dianggap sebagai sosok yang inspiratif.

Zulhas menyebutkan, PAN turut merasa kehilangan atas berpulangnya Buya Syafii Maarif. Almarhum merupakan guru bangsa, panutan dan teladan yang patut dicontoh oleh bangsa ini.

“Kita semua berduka karena kehilangan seorang tokoh besar, guru bangsa, seorang panutan, teladan yang menginspirasi dan menggerakkan seluruh elemen bangsa,” kata Zulhas.

Eks Ketua MPR mengaku sudah lama mendengar kabar sakitnya Buya Syafii Maarif. Dia berupaya mencari waktu untuk membesuk. Namun lantaran alasan medis, Buya Syafii tidak memungkinkan untuk dibesuk.

Baca juga
Segenggam Tanah dan Air

“Selama Buya Syafii sakit, tidak lepas saya selalu mendoakannya. Hari ini saya dikejutkan dengan informasi kepergian Buya,” ujarnya.

Zulhas mengatakan, bangsa Indonesia bersedih melepas kepergian guru bangsa dan panutan. Almarhum dianggap berpulang pada hari baik yaitu “sayyidul ayyam”, Jumat 27 Mei pukul 10.15 WIB. “Insya Allah husnul khotimah, Allah tempatkan di tempat terbaik di sisi-Nya. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan,” katanya.

Kabar berpulangnya tokoh nasional itu disampaikan Ketum Muhammadiyah Haedar Nashir. Buya meninggal dunia di RS PKU Muhammadiyah Gamping, Sleman, Yogyakarta, dan telah menjalani perawatan sejak 14 Mei 2022 yang lalu karena sesak napas. Pada Maret 2022, Buya Syafii juga sempat dirawat rumah sakit yang sama karena mengalami serangan jantung ringan.

Tinggalkan Komentar