Kenapa Hanya 20 Tempat Wisata yang Boleh Buka? Sandi: Jangan Suudzon

Kenapa Hanya 20 Tempat Wisata yang Boleh Buka? Sandi: Jangan Suudzon - inilah.com
Menteri Parekraf Sandiaga Uno (foto istimewa)

Meski sebagian besar wilayah Jawa-Bali sudah tidak lagi menerapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, namun pemerintah tidak serta merta mengizinkan seluruh tempat wisata dibuka untuk umum.

Tempat wisata yang diizinkan buka hanya sebanyak 20 titik yang tersebar di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Sedangkan tempat wisata yang lainnya masih menunggu keputusan dari pemerintah daerah setempat.

Menanggapi hal ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menjelaskan pembukaan 20 tempat wisata itu baru sebatas uji coba setelah PPKM tidak lagi berada di level 4. Nantinya tempat wisata di wilayah lain akan dibuka secara bertahap.

Baca juga  Cegah Keramaian, Tempat Wisata Akan Diberlakukan Ganjil Genap

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu memastikan tidak ada diskriminasi dalam uji coba pembukaan tempat wisata usai dilonggarkannya PPKM. “Kita jangan ber-suudzon, tapi kita harus khusnudzon. Uji coba ini kita lakukan dengan niatan baik melakukan secara bertahap, bertingkat, dan berkelanjutan,” katanya.

Jika hasil uji coba pembukaan tempat wisata itu menunjukkan hasil yang baik yakni ada kepatuhan dari pihak pengelola tempat wisata, maka tidak menutup kemungkinan tempat wisata lainnya akan segera ikut dibuka.

Karena meski tempat wisata telah dibuka namun pihak pengelola dan setiap pengunjung yang datang wajib mengikuti aturan protokol kesehatan (prokes) ketat. Ini bertujuan untuk menghindari munculnya klaster baru di tempat wisata, sehingga diharapkan kasus Covid-19 akan terus menurun.

Baca juga  Pemprov DKI: Paracetamol Kok Ada di Laut?

“Jika angka Covid-19 menunjukan grafik menurun, ini tentu akan ditambah lagi (pembukaan tempat wisata),” jelasnya.

Saat ini pihaknya tengah berkoordinasi dengan seluruh kepala daerah untuk mendata tempat wisata mana saja yang dinilai siap untuk dibuka untuk tahapan selanjutnya.

Sebelumnya Inilah.com memberitakan beberapa tempat wisata seperti Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, dan wisata Bromo telah dibuka sejak PPKM dilonggarkan. Namun pembukaan tempat wisata itu baru sebatas uji coba yang dilakukan pemerintah setempat.

Tinggalkan Komentar