Keok dari Pasangan Jepang, Minions Gagal Pertahankan Gelar Indonesia Masters

Kevin Marcus Minions
(dok. PBSI)

Ganda putra peringkat satu dunia Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon gagal mempertahankan gelar juara bertahan setelah kalah rubber game dari Takuro Hoki/Yugo Kobayashi di babak final Indonesia Masters yang berlangsung di Nusa Dua, Bali, Minggu (21/11/2021).

Pasangan Indonesia berjuluk Minions ini keok dengan skor 11-21, 21-17, 19-21 dalam pertandingan berdurasi 58 menit yang menegangkan.

Hoki/Kobayashi memegang keunggulan di game pertama, menampilkan pertahanan rapat yang sulit dimatikan oleh Kevin/Marcus. Ganda putra Jepang ini juga lihai dalam memanfaatkan serangan balik serta sabar menunggu peluang untuk menyerang.

Saat Kevin/Marcus memberikan lob tinggi, Hoki/Kobayashi membalas lewat dropshot yang dilesatkan secara berulang kali, menanti pasangan Indonesia melakukan kesalahan pengembalian. Kevin menjadi korban strategi ini dengan sedikitnya melakukan dua kali fault saat pengembalian dropshot-nya menabrak net.

Baca juga  Merah Putih Sisakan Tiga Wakil ke Semifinal Indonesia Open 2021

Game pertama pun berakhir dengan keunggulan bagi Jepang 21-11 dalam laga berdurasi 15 menit.

Minions menampilkan permainan yang berubah pesat di game kedua, di mana keduanya menyuguhkan aksi serangan yang lebih rapat dibanding game pertama untuk mengunci dominasi.

Kevin/Marcus membalas dengan memberikan tekanan yang mencengkeram Hoki/Kobayashi hingga interval pertama 11-2.

Perjalanan Kevin/Marcus di game kedua ini mendapat perlawanan keras dari lawannya yang merupakan ganda putra peringkat 10 dunia. Hoki/Kobayashi sempat berusaha mendekati perolehan poin dengan memperkecil jarak menjadi 17-19.

Pada game point 17-20, Minions terselamatkan setelah pengembalian dari Hoki menyentuh net dan akhirnya keadaan imbang 1-1 bagi kedua pasangan.

Baca juga  Hujan Ekstrem Paksa Tunda Race 1 WSBK Mandalika

Persaingan ketat terjadi di game penentuan kala kedua pasangan saling bertukar smash untuk mencetak poin. Meski sempat tertinggal 0-3 di awal game, namun Kevin/Marcus memainkan ritme lebih cepat sebagai langkah menekan Hoki/Kobayashi. Kejar mengejar poin terjadi ketat, Minions pun bisa berbalik unggul 9-7.

Sayangnya, keunggulan itu tak bertahan lama karena Hoki/Kobayashi bermain lebih sabar untuk mencuri kesempatan menyerang seperti di game pertama. Usai interval pertama, pasangan Jepang telah membalikkan keunggulan menjadi 9-11 atas Minions.

Masuk interval kedua, Hoki/Kobayashi terus mempertebal keunggulan hingga skor 11-15. Tidak menyerah, Kevin/Marcus terus mengejar namun mereka dipaksa bermain dengan tempo yang melambat dan bermain di zona depan.

Baca juga  Antisipasi Lonjakan COVID-19, RSUP Persahabatan Siapkan Gedung Khusus

Jelang game point, permainan diwarnai lob dan drive rendah yang membuat kedua pasangan harus bersabar dalam mengeksekusi serangan. Meski sudah berjuang keras, namun satu-satunya wakil tuan rumah di turnamen BWF Super 750 ini harus mengakui keuletan Hoki/Kobayashi dan menyerahkan gelar juara kepada lawannya.

Tinggalkan Komentar