Rabu, 06 Juli 2022
07 Dzul Hijjah 1443

Keok dari Pasangan Jepang, Minions Gagal Pertahankan Gelar Indonesia Masters

Minggu, 21 Nov 2021 - 23:06 WIB
Kevin Marcus Minions
(dok. PBSI)

Ganda putra peringkat satu dunia Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon gagal mempertahankan gelar juara bertahan setelah kalah rubber game dari Takuro Hoki/Yugo Kobayashi di babak final Indonesia Masters yang berlangsung di Nusa Dua, Bali, Minggu (21/11/2021).

Pasangan Indonesia berjuluk Minions ini keok dengan skor 11-21, 21-17, 19-21 dalam pertandingan berdurasi 58 menit yang menegangkan.

Hoki/Kobayashi memegang keunggulan di game pertama, menampilkan pertahanan rapat yang sulit dimatikan oleh Kevin/Marcus. Ganda putra Jepang ini juga lihai dalam memanfaatkan serangan balik serta sabar menunggu peluang untuk menyerang.

Saat Kevin/Marcus memberikan lob tinggi, Hoki/Kobayashi membalas lewat dropshot yang dilesatkan secara berulang kali, menanti pasangan Indonesia melakukan kesalahan pengembalian. Kevin menjadi korban strategi ini dengan sedikitnya melakukan dua kali fault saat pengembalian dropshot-nya menabrak net.

Baca juga
Jelang El Clasico: Persija Janji Berbenah, Persib Jaga Momentum

Game pertama pun berakhir dengan keunggulan bagi Jepang 21-11 dalam laga berdurasi 15 menit.

Minions menampilkan permainan yang berubah pesat di game kedua, di mana keduanya menyuguhkan aksi serangan yang lebih rapat dibanding game pertama untuk mengunci dominasi.

Kevin/Marcus membalas dengan memberikan tekanan yang mencengkeram Hoki/Kobayashi hingga interval pertama 11-2.

Perjalanan Kevin/Marcus di game kedua ini mendapat perlawanan keras dari lawannya yang merupakan ganda putra peringkat 10 dunia. Hoki/Kobayashi sempat berusaha mendekati perolehan poin dengan memperkecil jarak menjadi 17-19.

Pada game point 17-20, Minions terselamatkan setelah pengembalian dari Hoki menyentuh net dan akhirnya keadaan imbang 1-1 bagi kedua pasangan.

Baca juga
Kepolisian Bern: Jenazah Eril Ditemukan di Cekungan Bendungan Engehalde

Persaingan ketat terjadi di game penentuan kala kedua pasangan saling bertukar smash untuk mencetak poin. Meski sempat tertinggal 0-3 di awal game, namun Kevin/Marcus memainkan ritme lebih cepat sebagai langkah menekan Hoki/Kobayashi. Kejar mengejar poin terjadi ketat, Minions pun bisa berbalik unggul 9-7.

Sayangnya, keunggulan itu tak bertahan lama karena Hoki/Kobayashi bermain lebih sabar untuk mencuri kesempatan menyerang seperti di game pertama. Usai interval pertama, pasangan Jepang telah membalikkan keunggulan menjadi 9-11 atas Minions.

Masuk interval kedua, Hoki/Kobayashi terus mempertebal keunggulan hingga skor 11-15. Tidak menyerah, Kevin/Marcus terus mengejar namun mereka dipaksa bermain dengan tempo yang melambat dan bermain di zona depan.

Baca juga
WSBK Mandalika: Toprak Razgatlioglu Raih Juara Dunia, Yamaha Pesta Gelar

Jelang game point, permainan diwarnai lob dan drive rendah yang membuat kedua pasangan harus bersabar dalam mengeksekusi serangan. Meski sudah berjuang keras, namun satu-satunya wakil tuan rumah di turnamen BWF Super 750 ini harus mengakui keuletan Hoki/Kobayashi dan menyerahkan gelar juara kepada lawannya.

Tinggalkan Komentar