Senin, 08 Agustus 2022
10 Muharram 1444

Kerap Bikin Gaduh, Erick Thohir Didesak Copot Ahok dari Komut Pertamina

Kamis, 30 Des 2021 - 08:31 WIB
Penulis : Ivan Setyadhi
Basuki Tjahja Purnama Alias Ahok - inilah.com
Basuki Tjahja Purnama Alias Ahok

Menteri BUMN Erick Thohir harus mengevaluasi kinerja Komisaris Utama PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah Putra menyebut Erick bisa mencopot Ahok agar tak ada lagi kegaduhan di internal Pertamina.

“Saya kira tidak berlebihan kalau Erick Thohir harus mencari pengganti BTP dan tidak melibatkan tokoh politik dalam internal Pertamina. Pertamina ini kan BUMN strategis. Artinya kalo tidak tepat orang yang mengisi akan merusak reputasi,” kata Dedi kepada wartawan, Rabu (29/12/2021).

Erick harus mempertimbangkan beberapa hal, pertama Ahok tidak berhasil menunjukkan kinerjanya sebagai komisaris utama dan meningkatkan produktivitas Pertamina. Kemudian, kata Dedi, kegaduhan yang ditimbulkan Ahok bisa menurunkan kepercayaan publik kepada Pertamina.

Baca juga
Usai Ziarah, Erick Thohir Berencana Bangun Masjid Dekat Makam Buya Syafii Maarif

“Itu juga berdampak kepercayaan publik ke pemerintah. Dengan dua indikasi itu saya kira, perlu bagi Erick Thohir mengevaluasi kinerja kehadiran dari Ahok,” ujarnya.

Dedi menilai Ahok selaku komisaris utama juga melakukan tindakan yang melampaui batas. Seperti mengomentari sesuatu hal yang menjadi tugas direksi. Menurutnya, kapasitas Ahok bukan sebagai komisaris tetapi politisi yang berada di BUMN.

“Ini bisa mengganggu produktivitas. Kehadiran Ahok membuat disharmoni dengan jajaran direksi lain, misalnya Ahok berselisih pandang sesama komisaris terkait rencana mogok pekarja pegawai pertamina,” katanya.

“Bahkan juga melakukan kritik kepada direksi yang semestinya kritik itu betul memang wilayahnya Ahok tapi tidak di luar publik, misalnya di dalam rapat,” ujarnya.

Tinggalkan Komentar