Sabtu, 25 Juni 2022
25 Dzul Qa'dah 1443

Keren, Tim Mahasiswa UGM Sabet Juara I Desain Mobil Listrik Formula E Jakarta

Jumat, 10 Jun 2022 - 06:47 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
Keren, Tim Mahasiswa UGM Sabet Juara I dan II Desain Kendaraan Listrik Formula E Jakarta
Mahasiswa UGM menjadi juara 1 desain kendaraan listrik di ajang Formula-E Jakarta. Foto : ugm.ac.id

Melalui Kompetisi ajang Jakarta E-Prix atau Formula E, mahasiswa Indonesia kembali membuktikan kemampuan dan daya saingnya pada ajang balap mobil listrik tersebut. Tim mahasiswa UGM asal Indonesia dinobatkan sebagai juara I dalam kompetisi Desain Kendaraan Listrik dalam ajang Formula E Jakarta yang diselenggarakan JakPro.

Pada kompetisi tersebut, tim mahasiswa UGM menunjukkan desain kendaraan listrik terbaik dalam kompetisi berjudul Sustainable Electric Vehicle Design Competition. Tim tersebut adalah Arjuna EV UGM, perkumpulan mahasiswa UGM yang berasal dari berbagai jurusan bersama-sama melakukan riset, serta mengembangkan kendaraan bertenaga listrik di UGM.

Dalam ajang kompetisi desain kendaraan listrik Formula E Jakarta 2022, tim Arjuna EV UGM mengirimkan tim kecil beranggotakan empat orang mahasiswa dengan Rachmadi Norcahyo, sebagai dosen pembimbing mereka. Keempat mahasiswa tersebut antara lain adalah Thariq Faros Manumono (Teknik Mesin, 2019), Leonard Fidelcristo Supit (Elektronika dan Instrumentasi, 2019), Muhammad Raihan Hilmy (Teknik Mesin, 2019), dan Dasta Muhammad Ghaly (Teknik Mesin ; 2019).

Baca juga
Hadiri Langsung Jakarta E-Prix, Zulhas: Ini Kelas Internasional!

Persiapan hanya 2 minggu

Thariq Faros Manumono selaku ketua tim mengaku tak menyangka bisa menyabet juara 1. Dia mengatakan persiapan terbilang sempit. Dia dan timnya harus lembur untuk mengejar segala persiapan.

“Mungkin dari kami awalnya tidak menyangka karena waktu dari pengerjaan proposal di awal kami hanya memiliki waktu 2 minggu dan itu pun 1 minggu-nya terpotong libur lebaran, dan akhirnya kami lembur terus selama 1 minggu penuh setelah libur lebaran namun akhirnya seluruh perjuangan tersebut terbayarkan dan kami berhasil meraih Juara 1,” ujarnya mengutip laman resmi UGM, Jumat (10/06/2022).

Namun, berkat kerja keras, akhirnya seluruh perjuangan tim terbayarkan dan berhasil mendapat juara.

Baca juga
Polda Metro Sebut Ancol jadi Alternatif Sirkuit Formula E

Selanjutnya Tim perwakilan Arjuna EV UGM membawa desain kendaraan listrik yang memiliki nama ARCANA. Rupa kendaraan listrik ARCANA ini lebih kurang berbentuk mobil listrik bertipe SUV (Sport Utility vehicle). Selanjutnya ARCANA memiliki jarak tempuh tinggi dalam satu kali pengecahan baterai.

Fitur Smart Mobility

Selain itu,  Desain mobil listrik ARCANA ini juga mengusung fitur Autonomous SAE Level 3 bernama Arjuna Smart Mobility (ASM). Dengan fitur tersebut mobil dapat berkendara secara otomatis di jalan raya. Tidak kurang, desain mobil listrik ARCANA juga telah menganut tingkat keamanan berkendara yang tinggi baik secara mechanical maupun electrical sehingga menjamin kenyamanan selama berkendara.

Baca juga
Sahroni: Target Pembangunan Sirkuit Formula E di Ancol 54 Hari

“Pada perlombaan ini kami melakukan desain mobil secara penuh beserta simulasi menggunakan software, kami juga melakukan berbagai perhitungan dalam mendesain mobil ARCANA, tak lupa juga kami merencanakan business plan sehingga apabila nantinya mobil ARCANA akan diproduksi masal rencana secara bisnis sudah terkonsep,” tutur Thoriq.

Tinggalkan Komentar