Minggu, 05 Februari 2023
14 Rajab 1444

Kericuhan Demo BBM, Aksi Kejar Mobil Komando hingga Pengunjuk Rasa Tercebur Kolam

Senin, 12 Sep 2022 - 17:50 WIB
Img 3549(1) - inilah.com
Peserta aksi menolak kenaikan harga BBM tercebur ke kolam dekat Patung Kuda, Monas, Jakarta Pusat, Senin (12/9/2022). (Foto: Inilah.com/Dea Hardianingsih).

Kericuhan melibatkan sesama massa aksi mencuat dalam demo menolak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di kawasan Patung Arjuna Wijaya atau dikenal Patung Kuda, Monas, Jakarta Pusat, Senin (12/9/2022). Tak hanya lempar botol dan saling dorong, terdapat pula aksi kejar mobil komando hingga peserta demo yang tercebur ke kolam di sekitar Patung Kuda.

Terpantau, mobil komando yang mendapat kejaran massa itu berasal dari kelompok Kebangkitan Jawara dan Pengacara (Bang Japar). Mobil mereka dikejar oleh massa yang diduga dari Gerakan Nasional Pembela Rakyat (GNPR) dan Persaudaraan Alumni (PA) 212.

Hal itu bermula saat kedua kelompok berorasi di dua lajur jalan yang berbeda di kawasan Patung Kuda. Kelompok GNPR dan PA 212 berada di lajur ke arah Jalan Medan Merdeka. Sementara kelompok lain di lajur ke arah Jalan MH Thamrin. Terjadi aksi saling lempar botol dan dorong antarmassa.

Baca juga
Terkepung, Pemimpin Tertinggi ISIS Tewas Ledakkan Diri

Saat orasi berjalan, ada kelompok lain yang diduga bernama Poros Baru Batavia memanggil bergabung massa Bang Japar. Sehingga memicu ketegangan.

Imbasnya, mobil komando dari kelompok Bang Japar sempat didorong mundur oleh para massa aksi. Kemudian, mobil komando yang melaju ke arah Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan itu itu sempat dikejar oleh massa.

Kericuhan sempat mengakibatkan satu orang peserta aksi tercebur ke kolam depan Patung Kuda.

Selain itu, kericuhan juga menyebabkan peristiwa terceburnya seorang massa aksi di kolam depan Patung Kuda.

Aparat kepolisian selanjutnya mengambil tindakan dengan melerai dan mengurai massa. Selanjutnya, massa GNPR dan PA 212 kembali menggelar aksi.

Baca juga
China dan Peluang Timnas Basket Indonesia Raih Tiket Piala Dunia 2023

 

Tinggalkan Komentar