Senin, 15 Agustus 2022
17 Muharram 1444

Kesehatan Mental Ibu Bekerja Rentan Dapat Tekanan Berdampak pada Pertumbuhan Anak

Sabtu, 04 Des 2021 - 11:36 WIB
Kesehatan Mental - inilah.com
istimewa

Asisten Deputi Bidang Pemenuhan Hak Anak atas Pengasuhan dan Lingkungan Kementerian  PPPA Rohika Kurniadi Sari menjelaskan ternyata ibu yang bekerja kondisinya justru lebih rentan mendapat tekanan. Kesehatan mental ibu bekerja sangat rentan.

Dia menjelaskan kesehatan mental seorang ibu sangat krusial dalam pengasuhan, pertumbuhan perkembangan, dan perannya menjalankan tugas sehari-hari, terlebih dalam masa pandemi saat ini.

“Apalagi bagi ibu yang bekerja, kondisi seperti ini tentu lebih rentan menghadapi tekanan  yang menyebabkan kondisi kesehatan mental ibu menjadi tidak baik sehingga dapat berpengaruh dalam mengasuh anak-anaknya,” kata Rohika Kurniadi Sari ditulis di Jakarta, Sabtu, (04/12/2021).

Baca juga
Lima Tips Merawat Kesehatan Mental Ibu

Oleh karena itu, menurut dia penting bagi seorang ibu memiliki kondisi kesehatan mental yang baik.

Ia mengatakan, peran seorang ibu dalam kondisi pandemi COVID-19 seperti saat ini penuh dengan tantangan. Selain mengurus pekerjaan rumah tangga, ibu juga harus mengasuh dan mendampingi anak dalam mengikuti pembelajaran online.

Karena itu perlu ada kebiasaan-kebiasaan untuk membentuk mental kuat pada anak, mulai diterapkan dari diri sendiri, keluarga hingga lingkungan luas, karena untuk mewujudkan anak-anak yang bahagia, diperlukan juga ibu yang bahagia dengan jiwa yang sehat dan kuat.

“Mari kita ciptakan keluarga Indonesia di masa pandemi yang siap membangun masa depan anak generasi emas 2045 dengan kesehatan mental yang baik,” tutur Rohika.

Tinggalkan Komentar