Kamis, 30 Maret 2023
08 Ramadhan 1444

Kesepakatan 3 Parpol Dukung Anies Akan Tertuang di Piagam Koalisi Perubahan

Senin, 30 Jan 2023 - 20:14 WIB
Kesepakatan 3 Parpol Dukung Anies Akan Tertuang di Piagam Koalisi Perubahan
Tim kecil pendukung Anies Baswedan seperti Sudirman Said (tengah) mendampingi petinggi PKS menyampaikan sikap - (Foto: Dea Hardiningsih/inilah.com)

Wakil Ketua Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman menyatakan sikap resmi partainya yang mendukung Anies Baswedan sebagai capres 2024. Sikap ini PKS sampaikan usai Sohibul menemui Ketua Majelis Syuro PKS, Salim Segaf Al Jufri dan Presiden PKS Achmad Syaikhu di Turki.

“PKS konsisten menjadi bagian dari partai-partai pendukung Anies Baswedan sehingga koalisi memenuhi presidential threshhold 20 persen,” kata Sohibul di kawasan Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Banten, Senin (30/1/2023).

Dia menyebut PKS akan segera menyampaikan dukungan secara eksplisit kepada Anies Baswedan dalam beberapa waktu ke depan. Namun dengan keberadaan PKS di tim kecil sudah menunjukkan dukungan partai ke Anies sejak awal.

Baca juga
7 Dekorasi Imlek Ini Dipercaya Bisa Bawa Keberuntungan

“PKS hadir di dalam tim kecil itu menunjukkan bahwa PKS mendukung Pak Anies Baswedan,” tambah Sohibul.

Perwakilan tim kecil Anies Baswedan, Sudirman Said menambahkan bahwa setelah PKS menyampaikan dukungannya secara eksplisit kepada Anies, ketiga partai pendukung akan menandatangani piagam koalisi.

“Pimpinan tiga partai akan bertemu menandatangi kesepakatan. Dalam waktu dekat, melakukan deklarasi secara bersama-sama,” ucap Sudirman.

Menurutnya, kesepakatan itu akan tertuang dalam sebuah dokumen resmi atau piagam deklarasi para parpol pendukung Anies Baswedan. “Akan ada dokumen resmi atau sebuah piagam, nanti setelah itu ada penandatanganan setelah semua pimpinan bertemu,” ungkapnya.

Baca juga
Buruh Minta Gubernur Lain Contoh Anies Soal Upah

Sebagai informasi, Koalisi Perubahan terdiri dari Partai NasDem, Partai Demokrat, dan PKS. Namun, koalisi tersebut belum resmi dideklarasikan.

Meski begitu, Partai NasDem telah mendeklarasikan dukungan kepada bakal calon presiden Anies Baswedan. Selain itu, Partai Demokrat juga telah mendukunga Anies sebagai calon presiden pada Pilpres 2024.

Tinggalkan Komentar