Sabtu, 21 Mei 2022
20 Syawal 1443

Ketegangan Larangan Jilbab di India Meluas

Ketegangan Larangan Jilbab di India Meluas
Ketegangan Larangan Jilbab di India Meluas

Ketegangan soal aturan larangan penggunaan jilbab di sekolah di India makin meluas dan terus menuai protes. Pemerintah negara bagian Karnataka, India pada Selasa (8/2/2022) mengumumkan libur selama tiga hari untuk semua sekolah menengah, perguruan tinggi dan universitas di tengah meningkatnya pertikaian tentang jilbab.

Kebijakan itu dikeluarkan karena kontroversi jilbab berubah menjadi masalah hukum dan ketertiban di beberapa tempat.

Dilansir di Deccan Herald, Kamis (10/2/2022), pengumuman libur semua sekolah ini disampaikan oleh Ketua Menteri Basavraj Bommai di New Delhi. Sementara itu, departemen pendidikan tinggi negara bagian serta pendidikan dasar dan menengah telah mengeluarkan perintah terpisah yang menyatakan hari libur.

Baca juga
Sambangi KPK, Jakpro Serahkan Lagi Dokumen Formula E

Bommai mengimbau kepada para siswa, orang tua, guru, lembaga pendidikan dan masyarakat untuk menjaga perdamaian dan kerukunan. Dengan adanya perintah ini, semua sekolah kelas menengah atas, perguruan tinggi pra-universitas, tingkat perguruan tinggi, universitas yang termasuk swasta dan yang sudah terakreditasi akan tetap ditutup mulai Rabu (9/2/2022).

Seperti diketahui, permasalahan tentang jilbab menjadi sorotan setelah delapan mahasiswa Muslim Perguruan Tinggi Pra-Universitas Negeri (Government PU College) untuk wanita di Udupi, negara bagian Karnataka, melakukan protes setelah mereka dilarang mengenakan jilbab di ruang kelas oleh kampus. Kampus menyebut bahwa jilbab bukan bagian dari seragam. Kampus tersebut mengatakan para siswa berjilbab boleh memakai jilbab di lingkungan kampus, tetapi harus melepasnya saat berada di dalam kelas.

Baca juga
Polisi Masih Buru 4 Anak Buah Ali Kalora

Kontroversi ini kemudian berlanjut hingga ke pengadilan. Sementara aksi protes meletus di sejumlah distrik di Karnataka menentang larangan jilbab bagi siswi Muslim di sekolah.

Tinggalkan Komentar