Rabu, 28 September 2022
02 Rabi'ul Awwal 1444

Ketua Dewan SDA Jabatan Ke-8 Luhut, Potret Absurd Rezim Jokowi

Sabtu, 09 Apr 2022 - 13:35 WIB
Ketua Dewan SDA Jabatan Ke-8 Luhut, Potret Absurd Rezim Jokowi
Foto: istimewa

Menko Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, kembali mendapat jabatan baru. Pada jabatan ke-8 di era pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), ia menjadi Ketua Dewan Sumber Daya Air (SDA) Nasional.

Publik lantas melihat garis haluan politik teranyar itu, sebagai potret absurd dari puzzle pengangkatan dan penempatan pejabat di republik ini.

“Contohnya seperti Nadiem Makarim. Ia tak pernah jadi dosen, atau rektor tetapi tiba-tiba Jokowi angkat jadi seorang Menristekdikti. Sedangkan Budi Gunadi Sadikin seorang pebisnis, bukan dari dokter akan tetapi jadi Menteri Kesehatan,” kata Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie kepada Inilah.com, saat dihubungi di Jakata, Sabtu (9/4/2022).

Menurut Jerry, kendali Luhut terhadap Jokowi cukup besar. Jerry menduga Jokowi lebih cenderung mendengarkan suara Luhut ketimbang Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Padahal lewat Megawati, parpol bergambar banteng itu mengusung dan memenangkan Jokowi sebagai Presiden dalam dua kali perhelatan Pilpres.

Baca juga
Polri: Ujaran Ferdinand Hutahaean Berpotensi Timbulkan Keonaran

“Luhut sebetulnya tak punya grand strategy, lantaran tak kompeten di berbagai bidang. Bayangkan saja, investor pun escape alias melarikan diri. Malahan membuat gaduh dengan usulan dan statement-nya,” ucap Jerry.

Tugas Dewan SDA

Adapun Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 53 Tahun 2022 mengatur tentang Dewan Sumber Daya Air Nasional. Dalam Pasal 3 Perpres itu tersebut pembentukan Dewan SDA Nasional bertujuan untuk melaksanakan koordinasi pengelolaan Sumber Daya Air pada tingkat nasional.

Pada pasal 5 poin nomor 2 menjelaskan, tugas Dewan SDA Nasional selenggarakan fungsi koordinasi. Di antaranya, dalam perumusan kebijakan pengelolaan Sumber Daya Air tingkat nasional. Koordinasi dalam penyusunan rancangan penetapan wilayah sungai serta perubahan penetapan wilayah sungai.

Baca juga
Tersangka Pembunuhan Brigadir J, Komnas HAM Periksa Ferdy Sambo Kamis Besok

Lalu, koordinasi dalam perumusan kebijakan pengelolaan sistem informasi hidrologi, hidrometeorologi, dan hidrogeologi pada tingkat nasional.

Jabatan Ke-8 Luhut Era Presiden Jokowi

Presiden Jokowi telah resmi mengangkat Luhut sebagai Ketua Dewan SDA Nasional. Keputusan tersebut tersiar ke publik setelah Presiden meneken Perpres Nomor 53 Tahun 2022 pada 6 April 2022.

Tugas baru Luhut ini menambah daftar jabatan yang sedang dan pernah ia emban saat periode ke-2 kepemimpinan Presiden Jokowi. Berikut jabatan Luhut yang inilah.com rangkum:

1. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.
2. Wakil Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.
3. Koordinator PPKM Jawa-Bali.
4. Ketua Dewan Pengarah Tim Penyelamatan Danau Prioritas Nasional.
5. Ketua Tim Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.
6. Ketua Komite Kereta Cepat Jakarta-Bandung.
7. Ketua tim untuk mempercepat masuknya investasi dari Uni Emirat Arab.
8. Ketua Dewan Sumber Daya Air Nasional. [ikh]

Baca juga
Henti Jantung dan Serangan Jantung Berbeda, Ini yang Dialami Maura Magnalia

 

Tinggalkan Komentar