Minggu, 22 Mei 2022
21 Syawal 1443

Ketua KOI: Indonesia Tak Dibebani Target Empat Besar di SEA Games Vietnam

Ketua KOI (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari (Foto Antara) - inilah.com
Ketua KOI (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari (Foto Antara)

Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari menampik kabar yang menyebut kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021 dibebani target finis di posisi empat klasemen akhir perolehan medali.

Menurut sang Raja Sapta, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) sama sekali tak pernah menyinggung soal target bagi kontingen Tanah Air yang bakal berlaga di Vietnam nanti.

“Jadi saya sudah rapat dengan Menpora jadi, mereka tak pernah mengeluarkan statement, peringkat empat,” kata Raja Sapta Oktohari saat dihubungi Inilah.com, Selasa (09/5/2022) di Jakarta.

Sejumlah target yang digembar-gemborkan banyak pihak disebutnya menjurus pada cabang-cabang olahraga tertentu. “Yang membuat target itu justru cabor-cabor,” jelas mantan Ketua Umum HIPMI tersebut.

Baca juga
Ini Profil Haruna Soemitro, Exco PSSI yang Viral karena Cibir Kinerja Shin Tae-yong

Menurut pria berusia 46 tahun, ajang SEA Games 2021 kali ini tak ubahnya sekadar hiburan multievent semata di tengah terpaan COVID-19.

Ada pun bagi para atlet disebut Raja Sapta harusnya bisa mengambil banyak pelajaran, mengingat banyaknya agenda single event kelas dunia setelah SEA Games nanti.

“Karena, hasil dari rundingan kami, SEA Games ini merupakan ajang extraordinary yang diadakan di tengah-tengah COVID-19, terus jadi kita ga mikir target tentu kepada para atlet,” imbuhnya.

Semula, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam upacara pelepasan di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Senin (09/05/2022) meminta seluruh kontingen Indonesia meraih medali sebanyak-banyaknya pada pesta olahraga multi cabang di Asia Tenggara itu.

Baca juga
Jamarr Andre Johnson Siap Perkuat Timnas Basket di SEA Games 2022

Dalam upacara pelepasan yang turut dihadiri Menpora, Zainudin Amali, Presiden Jokowi lantas berharap Indonesia mampu meraih peringkat ketiga, atau kedua, atau bahkan pertama di SEA Games ke-31 Vietnam. Hal itu karena di ajang yang sama sebelumnya, Indonesia sudah berhasil meraih peringkat keempat.[inu]

Tinggalkan Komentar