Sabtu, 28 Mei 2022
27 Syawal 1443

Ketum PBNU: Hubungan Gus Dur dan Megawati Seperti Kakak Adik

Gus Yahya Staquf PBNU Gus Dur Megawati - inilah.com
Ketua Umum PBNU Gus Yahya - NU Online

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) mengungkapkan, hubungan antara Gus Dur dan Megawati Soekarnoputri sangat dekat layaknya kakak adik.

Hal itu disampaikan Gus Yahya dalam Inspirasi Ramadan 2022 bertajuk “Inspirasi Keteladanan Gus Dur” yang ditayangkan akun Youtube BKN PDI Perjuangan, Jakarta, Selasa (5/5/2022).

“Gus Dur kenal dengan bu Mega sudah sejak lama, seperti kakak adik hubungannya. Sudah puluhan tahun saling mengenal, dan ada banyak hal yang beliau berdua berbagi, artinya pemikiran yang sama di antara beliau berdua, namun mungkin saja dalam politik praktis ada gesekan-gesekan, itu yang sangat wajar,” katanya.

Baca juga
Megawati: Kata Bung Karno Politik Itu Perut Harus Kenyang

Gus Yahya juga meluruskan anggapan-anggapan di media sosial tentang banyaknya perbedaan pendapat antara Gus Dur dan Megawati.

“Sehingga kita melihat dalam perjalanan politiknya ada momentum-momentum yang terlihat Gus Dur bersebarangan dengan Bu Mega, itu wajar saja, karena memang politik kan seperti itu, politik itu muamalah, dan di dalam wacana fiqih itu seperti orang lain yang tidak ada hubungan sama sekali. Seperti contoh transaksi dagang dengan saudara kandung dalam fiqih pun harus dilakukan secara objektif dan itu sama halnya seperti politik,” jelas Gus Yahya.

Gus Dur dan Megawati dinilai sebagai ikon perlawanan terhadap rezim Orde Baru yang banyak berbagi terkait nilai-nilai dasar kebangsaan dan kemanusiaan.

Baca juga
PWNU DKI Sodorkan Tiga Nama Mumpuni Jadi Pj Gubernur Jakarta Pengganti Anies

“Saya mengenal Gus Dur sejak lama, dan saya juga mengalami perubahan berkat Gus Dur, saya berubah dulu sekitar tahun 70an ada suasana baik domestik maupun global ketika islam berada dalam posisi konfliktual dihadapkan dengan aktor-aktor lain, aktor-aktor kekuasaan,” tuturnya.

Gus Yahya juga mengenang sosok Gus Dur yang mengajarkan perlawanan tanpa menggunakan kekerasan.

“Gus Dur berhasil mengubah mindset saya dan kawan-kawan generasi saya untuk berpkir cara lain, daripada melawan untuk menghancurkan, kenapa kita tidak menyumbang, berkontribusi untuk menyempurnakan saja. Ini prinsip mendasar dari Gus Dur,” pungkasnya.

Tinggalkan Komentar