Senin, 08 Agustus 2022
10 Muharram 1444

Keunggulan Aplikasi Presensi Online dan Rekomendasi Aplikasi Terbaiknya

Foto; Kantorkita.co.id- inilah.com
Foto; Kantorkita.co.id

Di era serba canggih seperti sekarang hampir semua kebutuhan tersedia secara digital. Salah satu yang belakangan semakin familiar adalah aplikasi presensi online untuk kebutuhan pelajar dan karyawan.

Maraknya penggunaan presensisi online sendiri sudah dimulai sejak awal pandemi. Langkah ini diambil untuk menyiasati kebijakan sekolah dari rumah serta Work From Home bagi para pekerja kantoran.

Lantas, di antara berbagai produk aplikasi presensi online yang ada di pasaran manakah yang paling recomended untuk digunakan?

Untuk memudahkan Kamu, berikut sudah kami rangkum daftar aplikasi presensi online lengkap dengan masing-masing kelebihannya.

Keunggulan Aplikasi Presensi Online

Sebelum membahas profil dari tiap-tiap aplikasi, alangkah baiknya jika kita mengetahui berbagai keunggulan jika perusahaan menggunakan sistem presensi online.

  1. Mudah Diakses

Aplikasi presensi online hampir sama seperti aplikasi pada umumnya. Anda bisa mengunduh melalui Play Store maupun App Store secara gratis sesuai petunjuk dari perusahaan.

Teknologi yang digunakan juga sudah sangat canggih. Tidak hanya berbasis web, namun aplikasi presensi online juga sudah terintegrasi dengan layanan berbasis cloud lainnya untuk memudahkan pengguna.

Aplikasi presensi online dari ESS Gaji ID misalnya, selain memenuhi fitur basic yang diperlukan karyawan, di dalamnya juga terdapat opsi untuk menautkan dengan dompet digital Dana.

  1. Efektif dan Efisien

Selain berfungsi untuk kebutuhan presensi, aplikasi presensi online biasanya juga dilengkapi dengan berbagai fungsi.

Kamu bisa memanfaatkan aplikasi tersebut untuk melakukan cek gaji, memantau status mutasi, melihat kalender kerja, dan masih banyak lagi.

Beberapa layanan aplikasi presensi online bahkan bisa digunakan untuk proses pengajuan izin dan cuti, sehingga sangat efektif dan efisien bagi karyawan.

  1. Sulit Dimanipulasi

Aplikasi presensi online sangat sulit untuk dimanipulasi. Berbeda dengan sistem presensisi jaman dulu yang menggunakan kartu nama manual atau pemindai sidik jari.

Setidaknya ada tiga elemen data yang dikumpulkan dari proses presensisi online. Pertama yakni waktu, kemudian lokasi tag GPS, serta foto selfie.

  1. Biaya Lebih Terjangkau

Layanan presensisi online berbasis aplikasi memiliki cara kerja yang sama seperti presensi manual maupun berbasis sidik jari.

Hanya saja, untuk melakukan presensi perusahaan tidak harus menyiapkan hardware khusus seperti halnya alat fingerprint scanner atau buku untuk menulis daftar hadir.

Karyawan cukup membuka aplikasi di smartphone masing-masing, kemudian mengaktifkan fitur GPS serta kamera untuk melakukan foto selfie.

Alhasil, tak ada biaya operasional yang harus dikeluarkan, mengingat alat presensisi serta aplikasi bisa diakses secara gratis.

Rekomendasi Aplikasi Presensi online Terbaik

Selain daftar di bawah ini sebenarnya masih ada beberapa aplikasi presensi online yang tersedia di pasaran. Namun, untuk saat ini berbagai aplikasi berikut menjadi rekomendasi dari kami.

  1. Talenta by Mekari

Talenta adalah salah satu aplikasi presensi online yang dilengkapi dengan banyak fungsi. Misalnya seperti, fitur GPS, manajemen database karyawan, payroll, hingga keperluan administrasi.

Tampilan clean dan user friendly menjadi poin plus berikutnya dari layanan ini. Sebagai Human Resource atau Manager, Anda bisa menolak dan menerima permintaan cuti secara real time berkat database yang terintegrasi.

Kelebihan Talenta

  • Fitur Berlimpah

Sepenglihatan saya belum ada HRIS lain di Indonesia dengan fitur yang menyaingi Talenta. Talenta memiliki banyak sekali fitur yang bahkan tidak akan anda gunakan sama sekali, misalnya reimbursement untuk pengeluaran karyawan anda, pinjaman tunai untuk karyawan anda, halaman recruitment, cuti custom (buat jenis cuti sendiri), sampai pengumuman karyawan sekalipun

  • Kostumisasi Terperinci

Nyaris tidak ada hal yang bersifat baku di Talenta, semuanya bisa diatur sampai sangat mendetail dan terperinci. Misalnya, anda bisa membuat jenis cuti sendiri seperti cuti ulang tahun dan rumus denda sendiri, misalnya denda keterlambatan bersifat pasti (contoh 20rb per keterlabatambatan) ataupun bersifat rumusan (misalnya 1500 per menit keterlambatan).

  • Tim support yang responsif

Tim support Talenta sangat mudah dihubungi tanpa berbelit-belit menghadapi bot, serta sangat responsif menjawab dalam hitungan menit. Mereka juga tidak pernah mengulur ngulur waktu dengan eskalasi dan menyelesaikan masalah hanya dengan memerlukan approval kita saja.

  1. Hadirr

Aplikasi presensi online pertama yang masuk rekomendasi dari kami adalah Hadirr. Dengan menggunakan aplikasi ini Kamu bisa melakukan presensisi dari lokasi mana saja yang sudah disepakati.

Contohnya, ketika ada kebijakan work from home di tengah pandemi, Anda bisa melakukan presensi dari rumah atau kosan yang sebelumnya sudah di-infokan ke HRD.

Selain dilengkapi teknologi GPS (Global Positioning System), layanan Hadirr juga dibekali sistem deteksi biometrik berbasis face recognition sehingga mampu meminimalisir kecurangan dari karyawan.

  1. ESS Gaji ID

ESS Gaji ID adalah aplikasi yang sangat responsif dan bisa diandalkan. Di dalam aplikasi ini sudah terdapat fitur presensisi online, kalender karyawan, pengajuan izin/cuti, cetak slip gaji, hingga informasi pegawai.

Cara kerja aplikasi ini sama seperti layanan presensi online pada umumnya, yakni karyawan diharuskan untuk mengaktifkan GPS serta akses kamera depan untuk mengambil foto selfie.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ESS Gaji ID juga menawarkan opsi integrasi dompet digital Dana untuk memudahkan transaksi karyawan.

  1. Smart Presence

Aplikasi rekomendasi berikutnya adalah Smart Presence. Tidak hanya menyasar pengguna di lingkup pekerja kantoran, Smart Presence juga bisa digunakan oleh pelajar.

Uniknya, untuk penggunaan di lingkungan sekolah atau kampus, aplikasi ini bisa juga terintegrasi dengan guru dan orang tua siswa, sehingga aktivitas anak bisa dipantau secara realtime. Sangat menarik, bukan?

  1. Sleekr

Sleekr saat ini banyak digunakan oleh HR Admin ataupun HR Manager untuk mengelola presensisi karyawan.

Ada beragam fitur yang mereka tawarkan kepada manajemen maupun pihak karyawan selaku end user. Beberapa di antaranya seperti layanan payroll, klaim lembur, hingga perhitungan SPT untuk memudahkan pajak tahunan.

  1. KaryaONE

Fitur utama yang ditawarkan oleh KaryaONE adalah kemudahan proses integrasi data dari mesin presensi konvensional.

Anda bisa secara otomatis mengimpor database dari sistem presensisi berbasis fingerprint scanner atau RFID (Radio frequency identification) ke dalam aplikasi untuk diolah kembali.

Selain itu, KaryaONE juga menawarkan fitur pengajuan izin/cuti melalui aplikasi sehingga karyawan tidak perlu menemui HRD atau manajer secara langsung.

  1. Waktoo

Berikutnya yang tak kalah menarik untuk dicoba adalah Waktoo. Aplikasi presensi online yang satu ini memiliki kelebihan pada tingkat akurasi waktu serta pelacakan lokasi pengguna secara realtime.

Tersedia juga report yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan guna memudahkan proses validasi data presensisi.

Kesimpulan

Tidak dipungkiri lagi, kehadiran aplikasi presensi online sedikit banyak mampu memberikan solusi kepada perusahaan untuk mengelola karyawan di tengah pandemi.

Ada banyak fungsi dan kemudahan yang bisa didapatkan berkat adanya inovasi yang satu ini. Mulai dari efektivitas pengumpulan data pekerja, penghematan biaya operasional, hingga percepatan proses administrasi.

Baik untuk perusahaan maupun karyawan, hal tersebut tentu sangat membantu tugas sehari-hari, karena segala urusan bisa diselesaikan melalui satu aplikasi. Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk menggunakan salah satu aplikasi di atas?

Tinggalkan Komentar