Senin, 06 Februari 2023
15 Rajab 1444

KH Nasirul Mahasin, Kakak Gus Baha Ajak Kiai dan Santri Dukung Anies Jadi Capres

Minggu, 30 Okt 2022 - 22:23 WIB
Gus - inilah.com
KH Nasirul Mahasin atau Gus Mahasin, kakak kandung KH Ahmad Bahaudin Nursalim atau Gus Baha saat menjadi narasumber acara Halaqah Kebangsaan dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional 2022 di Ponpes Ath-Thohirin, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Minggu (30/10/2022). (Foto: Antara)

Dukungan terhadap Anies Baswedan sebagai calon Presiden 2024 terus mengalir. Kali ini dukungan datang dari kakak kandung KH Ahmad Bahaudin Nursalim atau Gus Baha, yaitu KH Nasirul Mahasin atau Gus Mahasin.

Gus Hahasin mengajak para kiai dan santri di Kabupaten Magetan, Jawa Timur, untuk memberikan dukungan terhadap Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) pada Pilpres 2024.

“Kiai-santri harus kompak. Pilihan kita ya Pak Anies (Anies Baswedan),” ujar Gus Mahasin dalam acara Halaqah Kebangsaan di Ponpes Ath-Thohirin, Desa Mojopurno, Kecamatan Ngariboyo, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Minggu (30/10/2022).

Dalam Halaqah Kebangsaan yang digelar sebagai peringatan Hari Santri Nasional tahun 2022 tersebut, Gus Mahasin menjelaskan alasan mendukung Anies Baswedan sebagai capres dalam Pilpres 2024. Yakni, Anies dikenal sebagai sosok islami, amanah, dan memiliki visi masa depan.

Baca juga
Tiga Acungan Jempol Anies di Gedung KPK

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa ajakannya saat ini bukanlah kampanye. Sebab koalisi partai politik pengusung Anies Baswedan hingga saat ini belum final. Selain itu, bisa saja kalangan lain memiliki dukungan calon lain.

Gus Mahasin mengibaratkan ajakannya tersebut baru tarhim, yakni salawat yang dikumandangkan umat Islam sebelum adzan. Dari tarhim, fase berikutnya adalah azan.

Adapun, fase azan, menurutnya, ditandai jika Anies Baswedan telah resmi mendaftar sebagai capres pada Pemilu 2024 di KPU RI. Pada saat itu, lanjut Gus Mahasin, maka saatnya semua elemen santri, kiai, dan ulama untuk merapatkan barisan.

Seperti diketahui, Gus Mahasin merupakan pengasuh Ponpes Tahfidzul Quran, Narukan, Rembang Jawa Tengah. Selain ulama, kakak dari Gus Baha itu tercatat pernah menjabat sebagai Wakil Bupati Rembang periode 2000-2005.

Baca juga
Survei SMRC: Pemilih Anies Sudah Banyak Beralih ke NasDem

Halaqah Kebangsaan dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional tersebut mengambil tema “Meningkatkan Peran Alim Ulama Dalam Membangun Kesadaran Berbangsa dan Bernegara tanpa Hoaks dan Fitnah”.

Kegiatan tersebut digelar guna meningkatkan peran para ulama dan santri dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa yang rawan terpecah belah akibat maraknya informasi hoaks dan hasutan yang bersifat fitnah, utamanya di media sosial.

“Adapun peserta halaqah adalah para kiai pondok pesantren dan kiai langgar atau musala di Kabupaten Magetan,” kata Ketua Panitia acara Halaqah Kebangsaan M Faisal.

Selain narasumber KH Nasirul Mahasin atau Gus Mahasin, Halaqah Kebangsaan juga dihadiri oleh mantan komisioner Komnas HAM Muhammad Nur Khoiron. Acara halaqah juga dimeriahkan oleh pentas solawat dan atraksi pencak silat seni.

Tinggalkan Komentar