Jumat, 01 Juli 2022
02 Dzul Hijjah 1443

Khawatir Lonjakan Inflasi, Pemerintah Urung Naikkan Harga Pertalite dan Listrik

Selasa, 17 Mei 2022 - 14:32 WIB
Khawatir Inflasi Naik, Pemerintah Urung Menaikkan Harga Pertalite dan Listrik
Menteri ESDM Arifin Tasrif

Kementerian Energi dan Sumebr Daya Mineral (ESDM) memastikan, pemerintah belum berencana menaikkan harga bahan bakar minyak atau BBM dan tarif dasar listrik alias TDL.

Menurut menteri ESDM Arifin Tasrif, keputusan untuk menyesuaikan harga keduanya batal. Sebab, saat ini pemerintah masih ingin menjaga kondisi perekonomian dalam negeri yang masih tumbuh.

“Tidak ada yang naik, masih dijaga karena kita harus menjaga kondisi perekonomian kita,” ungkap Arifin di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (17/5/2022).

Dia mengatakan, pemerintah ingin tetap menjaga tingkat inflasi saat ini dengan menunda rencana penyesuaian harga sejumlah komoditas energi seperti BBM dan listrik.

Baca juga
Arya Sinulingga Minta Hitung Ulang Pertamax, Tanda-tanda Bakal Naik

Secara khusus untuk kelistrikan, ia memastikan untuk saat ini pemerintah masih akan tetap dengan kebijakan tariff adjustment yang telah ditahan sejak 2017 silam.

Sementara itu, Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Rida Mulyana mengungkapkan, saat ini pemerintah masih melakukan kajian.

“Masih digodok, (melihat) kekuatan APBN, daya beli masyarakat, apakah industri sudah pulih apa belum dan situasi global,” ujar Rida.

Sekedar informasi, sejak tahun 2017 pemerintah masih menahan tarif listrik untuk 13 golongan pelanggan nonsubsidi meskipun komponen pembentuk harga terus mengalami perubahan. [jin]

 

Tinggalkan Komentar