Jumat, 12 Agustus 2022
14 Muharram 1444

Khidmat dan Haru, Prosesi Pemakaman Tjahjo Kumolo di TMP Kalibata

Jumat, 01 Jul 2022 - 18:01 WIB
Img 0874 - inilah.com
Pemakaman jenazah Tjahjo Kumolo di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022). Foto: Inilah.com/Harris Muda

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno memimpin prosesi pemakaman jenazah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat sore (1/7/2022).

Pantauan Inilah.com di lokasi, prosesi pemakaman jenazah Tjahjo dimulai sekira pukul 17.27 WIB. Suasana khidmat dan haru mewarnai pemakaman sosok yang dikenal bersahaja. Isak tangis dari anggota keluarga, kerabat, dan kolega yang ditinggalkan mengemuka di lokasi pemakaman.

Upacara pemakaman diawali pembacaan riwayat hidup almarhum diiringi dengan pembacaan apel persada yang disampaikan oleh Pratikno. Kemudian, sebelum peti berisi jenazah Tjahjo Kumolo dimasukkan ke liang lahad, personel TNI dan Polri melakukan tembakan salvo.

Baca juga
Bill Gates Bikin Buku Soal Bagaimana Menghindari Pandemi

Terlihat sejumlah pejabat negara turut hadir dalam prosesi pemakaman di TMP Kalibata, antara lain Menteri Sosial Tri Rismaharini, Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri Komunikasi dan Informasi, Johnny G.Plate. Tampak pula Guberur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Sebelumnya, iring-iringan mobil ambulans yang membawa jenazah Menpan RB Tjahjo Kumolo tiba di TMP Kalibata sekitar pukul 17.06 WIB. Anggota keluarga, kerabat, dan kolega mengiringi petugas yang membawa peti berisi jenazah almarhum menuju tempat peristirahatan terakhir.
TMP Kalibata mengibarkan bendera setengah tiang atas wafatnya Menpan RB Tjahjo Kumolo

Usia 64 Tahun

Menpan RB Tjahjo Kumolo meninggal dunia dalam usia 64 tahun di Rumah Sakit (RS) Abdi Waluyo, Jakarta Pusat, Jumat (1/7/2022) pukul 11.10 WIB.

Baca juga
Buntut Kasus Nirina Zubir, Ketua DPR Sarankan Bentuk Satuan Tim Pemberantas Mafia Tanah

Ia mengembuskan nafas terakhir setelah menjalani perawatan intensif di RS Abdi Waluyo sekitar dua pekan akibat infeksi yang menyebar paru-parunya.

Semasa hidup, Tjahjo pernah menjadi Sekretaris Jenderal PDIP dan mundur usai dipilih Presiden Jokowi masuk kabinet sebagai Menteri Dalam Negeri pada 2014.

Kemudian, Tjahjo  menjabat sebagai Menpan RB untuk periode 2019-2024,

Tinggalkan Komentar