Sabtu, 26 November 2022
02 Jumadil Awwal 1444

Khofifah Sepakati Kerja Sama dengan Gubernur Alexandria

Kamis, 24 Nov 2022 - 21:55 WIB
Penulis : Ajat M Fajar
Khofifah Sepakati Kerja Sama dengan Gubernur Alexandria
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansah dan Gubernur Alexandria Mohameda Taher El-Sherif saat menandatangani kerja sama, Kamis (24/11/2022) - (Foto: Dok.Pemprov Jawa Timur)

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Gubernur Alexandria Mohamed Taher El-Sherif resmi menandatangani Letter of Intent (LOI) atau Surat Pernyataan Kehendak untuk kerja sama di tiga bidang prioritas yakni perdagangan dan investasi, pariwisata serta pendidikan, di Alexandria, Mesir.

“Melalui penandatanganan LoI maka akan semakin banyak kerja sama yang bisa dibangun antara Jatim dan Alexandria di masa depan,” ujar Gubernur Khofifah di Mesir, Kamis (24/11/2022).

Kerja sama tersebut merupakan tindak lanjut dari pertemuan Gubernur Khofifah dengan Duta Besar Mesir untuk Indonesia Ashraf Mohamed Moguib Sultan beberapa waktu lalu.

Menurut dia, kedepan penguatan kerja sama di tiga sektor prioritas tersebut akan semakin dikuatkan dan dimaksimalkan. Di sektor perdagangan, Khofifah menyebut kedua wilayah memiliki potensi besar untuk bisa melakukan link and match.

Baca juga
Khofifah Upayakan Hunian Sementara untuk Pengungsi

Sebagai informasi, Mesir tidak menanam kopi, tetapi tradisi minum kopi masyarakatnya cukup tinggi. Di satu sisi, Jawa Timur memiliki komoditas unggulan perkebunan kopi.

Di sektor pariwisata, Gubernur Khofifah menyebut potensi wisata religi menjadi salah satu kemiripan yang dimiliki kedua wilayah.

Tercatat sebanyak 160 ribu jamaah umroh Jatim per tahun berpotensi untuk menambah paket umrah dengan kunjungan wisata religi ke Mesir.

“Alexandria adalah salah satu saksi peradaban Mesir Kuno yang terkenal di dunia internasional. Sedangkan, fakta bahwa Jatim merupakan salah satu wilayah bersejarah dalam berkembangnya Islam di Indonesia. Bukan tidak mungkin keduanya bisa saling tumbuh menjadi wisata religi berkelas dunia,” katanya.

Kemudian di sektor pendidikan juga menjadi prioritas kedua wilayah. Sebagaimana diketahui, Alexandria atau juga dikenal Iskandariyah adalah pusat pendidikan dan kebudayaan dunia Mediterania kuno untuk sebagian besar zaman Helenistik dan zaman kuno akhir.

Baca juga
Orang Miskin di Jatim Susut 391 Ribu Jiwa, Gubernur Khofifah Puji Kerja Bareng

Selain itu, Alexandria juga dikenal dengan perpustakaan terbesar di dunia yang memuat karya-karya penting ulama besar Islam sehingga diharapkan menjadi magnet bagi pendalaman sejarah Islam Tanah Air.

Sementara itu, seluruh potensi yang dibalut dalam satu kerja sama ini diharapkan Gubernur Khofifah tidak hanya sebatas pencetak sejarah baru, namun juga bisa membawa manfaat lebih besar bagi warga Jatim, dan umumnya masyarakat Indonesia.

“Kami mengundang pemerintah provinsi dan warga Alexandria untuk berkunjung menikmati keindahan alam Jawa Timur. Kami memiliki Gunung Ijen yang punya blue fire. Juga ada Gili Iyang yang kualitas oksigen terbaik kedua di dunia,” kata Khofifah.

Baca juga
Gubernur Khofifah, Pemimpin Perubahan dengan Falsafah Lillah

Sementara itu, Gubernur Alexandria Mohamed Taher El-Sherif menyampaikan optimismenya atas kerja sama antara Jawa Timur dan Alexandria.

“Kami sangat menyambut baik. Mesir adalah peradaban dunia dan Alexandria adalah saksi bagaimana peradaban Mesir Kuno berkembang. Silakan berkeliling mengunjungi Alexandria dan menikmati segala keindahannya,” katanya.

​​​​​​​Tidak hanya itu, Mohamed Taher El-Sherif juga menyampaikan Alexandria memiliki perpustakaan tertua di dunia.

Tinggalkan Komentar