Selasa, 27 September 2022
01 Rabi'ul Awwal 1444

Khotbah Idul Adha di JIEP, Sekum Muhammadiyah Serukan Urgensi Membantu Sesama

Sabtu, 09 Jul 2022 - 10:18 WIB
Img 20220709 070902 (3) - inilah.com
Shalat Idul Adha di halaman parkir di JIEP, Jakarta Timur, Sabtu (9/7/2022). Foto: Antara/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

Upaya membantu sesama merupakan makna Idul Adha yang sangat krusial. Hal ini tercermin dari penyembelihan hewan kurban saat Hari Raya Idul Adha.

“Kita berbagi setelah sembelih hewan kurban. Kita bagikan kepada mereka yang membutuhkan uluran tangan kita karena hakikat ibadah kurban itu bukan kepada penyembelihan tetapi kepada takwa,” seru Khatib Salat Idul Adha di Jakarta International Equestrian Park (JIEP), Jakarta Timur, Abdul Mu’ti Sabtu (9/7/2022).

Mu’ti yang juga Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah menjelaskan, penyembelihan hewan kurban hanya sarana dan bagian untuk mendapatkan rida Allah SWT.

Dengan berkurban, lanjut Muti, umat Islam merelakan diri demi membantu sesama dengan menyisihkan sebagian harta untuk meringankan kesulitan dan penderitaan. Terlebih, dalam suasana pandemi COVID-19.

Baca juga
Jalan Sehat Bareng Ganjar, Zulhas Harap Indonesia Damai dan Kokoh

“Maka dengan semangat kurban, semangat Idul Adha mari membuka mata dan hati kita untuk senantiasa membantu sesama. Berusaha menolong, dan berusaha memberikan solusi atas berbagai macam persoalan yang kita hadapi,” ujar Mu’ti kepada jemaah.

Shalat Idul Adha di halaman JIEP dipandu Imam Alwi Syihab dan dihadiri umat Islam dari sekitar Jakarta Timur dan daerah lainnya.

Panitia penyelenggara pelaksanaan salat Idul Adha di JIEP adalah dari Pimpinan Muhammadiyah ranting Kayu Putih, Jakarta Timur.

 

 

Tinggalkan Komentar