Senin, 30 Januari 2023
08 Rajab 1444

Kim Jong Un Larang Warganya Tonton Pertandingan 3 Negara Ini, Alasannya Dendam

Sabtu, 26 Nov 2022 - 21:47 WIB
Penulis : Ajat M Fajar
Kim Jong Un Larang Warganya Tonton Pertandingan 3 Negara Ini, Alasanya Dendam
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un Saat Meninjau Latihan Militer Korut. (Foto: Reuters)

Pemimpin Korea Utara atau Korut, Kim Jong Un melarang warganya menonton tanyangan pertandingan tiga negara di Piala Dunia Qatar 2022. Ketiga negara ini adalah Timnas Korea Selatan (Korsel), Amerika Serikat (AS), dan Jepang.

Pemerintah memang memperbolehkan Korean Center Television untuk menayangkan laga-laga pertandingan di Piala Dunia Qatar. Namun khusus untuk pertandingan timnas tiga negara tersebut, pemerintah melarang stasiun televisi menyiarkannya. Tak hanya pertandingannya saja, tapi seluruh pemberitaan soal Timnas Korsel, AS, dan Jepang juga pemerintah larang.

Padahal sebelumnya, Pyongyang menyiarkan seluruh pertandingan di Piala Dunia 2002, 2006 dan 2010. Namun untuk Piala Dunia kali ini pertandingan yang melibatkan timnas Korsel, AS dan Jepang tidak boleh disiarkan.

Baca juga
Komisi VIII DPR Usir Sekjen Kemensos dari Ruang Rapat

Selain pertandingan dari ketiga negara ini, televisi dalam negeri boleh menyiarkan seluruh pertandingan Piala Dunia. Kebijakan ‘black list’ tiga negara ini ternyata sudah berlaku sejak 2014. Sebabnya tak lain karena sikap ketiga negara ini yang selalu kontra dengan Kim Jong un.

Bahkan ketiga negara ini telah bekerja sama dalam bidang keamanan untuk menentang segala aksi uji coba nuklir yang Korut lakukan selama ini.

Pimpinan tertinggi Korut, Kim Jong un juga telah menegaskan akan menggunakan senjata pembunuh massal ini untuk menghadapi ketiga negara tersebut. “(Pyongyang) akan sepenuhnya bereaksi terhadap nuklir dengan senjata nuklir dan konfrontasi total secara besar-besaran,” kata Kim pada Jumat (18/11), dikutip dari AFP.

Baca juga
Iwan Fals: Kembali Kritis Atau Justru Ia tak Pernah Berubah?

Sebagai informasi, uji coba rudal nuklir Korut memang membuat resah beberapa negara khususnya Korsel sebagai negara serumpunnya. Bahkan negara tetangga seperti Jepang dan China juga sudah menyatakan keresahannya tersebut.

Tinggalkan Komentar