Kim Jong Un Peringati Satu Dekade Kematian Kim Jong Il

Kim Jong Un - inilah.com
ist

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un memperingati satu dekade kematian sang ayah Kim Jong Il, dengan menghadiri upacara bersama pejabat tinggi di Istana Matahari Kumsusan, Ibu kota Pyongyang.

Kim Jong Il, kedua dari dinasti keluarga Kim, memerintah Korea Utara selama 17 tahun hingga menemui ajalnya pada 17 Desember 2011. Pada saat itu media pemerintah tidak memberitakan kematiannya sampai dua hari kemudian.

Pada Jumat siaran stasiun TV pemerintah memperlihatkan orang-orang sedang mengheningkan cipta dan memberikan penghormatan di depan potret dan patung Kim Jong Il.

Kim Jong Un, terlihat bersama ratusan pejabat dalam sebuah upacara di depan Istana Matahari Kumsusan. Istana itu menjadi peristirahatan terakhir bagi Kim Jong Il bersama ayahnya pemimpin yang juga pendiri Korut Kim Il Sung.

Baca juga  Foto: BMKG Warning Gempa bagi Pengelola Gedung Pencakar Langit di Jakarta

Mengenakan jaket kulit hitam, Kim Jong Un berdiri di bawah spanduk besar merah bergambar sang ayah.

Surat kabar yang semuanya dikendalikan ketat oleh pemerintah Korut menerbitkan artikel yang menyanjung Kim Jong Il.

“Beliau memang pria terhebat dan tokoh revolusi yang hebat yang diikuti semua orang di negeri ini dengan kasih sayang dan ketulusan mereka yang dalam,” tulis surat kabar Rodong Sinmun milik partai berkuasa.

Di bawah pemerintahan Kim Jong Il, Korut mengalami kelaparan yang meluas pada 1990-an dan ketika berkuasa, putranya berjanji bahwa warga tidak akan pernah lagi mengencangkan ikat pinggang mereka.

Baca juga  Rektor USK Minta Polisi Usut Ijazah Palsu Dokter Gadungan di PSS Sleman

Namun, sepuluh tahun masa pemerintahannya, Kim Jong Un menghadapi sejumlah masalah ekonomi yang disebabkan oleh sanksi internasional atas program rudal dan senjata nuklir Korut, bencana alam, serta penguncian perbatasan COVID-19 yang berpengaruh negatif terhadap perdagangan.

Warga di seluruh negeri juga menggelar peringatan serupa.

Tinggalkan Komentar