Kisah Sri Mulyani dan Brompton, Sepeda Tunggangan Sultan

Kisah Sri Mulyani dan Brompton, Sepeda Tunggangan Sultan - inilah.com

Bagi pecinta gowes tentu pernah mendengar merek Brompton. Sepeda lipat tunggangan para sultan yang harganya lumayan menguras kantong. Ternyata, ada kisah menarik antara Menteri Keuangan Sri Mulyani dengan Brompton.

Mungkin sudah banyak yang lupa, pada 2017, sempat foto Menkeu Sri Mulyani tengah mengayuh sepeda Brompton. Kontan saja, jagad media sosial alias medsos, heboh. Istilah sekarang viral.

Ternyata, bukan lantaran Brompton yang dikenal sebagai sepeda mahal. Sehingga sedikit mengganggu menteri berparas ayu kelahiran citra Sri Mulyani, yang identik dengan kesederhanaan.

Ya, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini, sangat jauh dari kesan glamour. Padahal, kalau dia mau, punya barang branded bukanlah perkara sulit.

Baca juga  Sri Mulyani Ramal Pertumbuhan Ekonomi Triwulan III-2021 Nyungsep Ketimbang Sebelumnya

Oh iya, kembali ke masalah Brompton. Sri Mulyani mengaku sempat pening tujuh keliling atas foto Brompton-nya yang viral. Dalam foto, Sri Mulyani mencoba unjuk gigi lepas setir, alias mengendarai Brompton tanpa memegang setang.

Mengenakan kaos jingga dan celana ketat hitam senada dengan warna sepeda, Sri Mulyani terlihat hepi banget. Ditemani sang suami, Tony Sumartono, dia mengayuh sepeda Brompton berwarna hijau. Foto tersebut diambil saat perayaan Hari Oeang yang diadakan oleh Kementerian Keuangan pada 2017.

Lalu di mana masalahnya? Masalahnya, foto tersebut muncul tak lama setelah terbongkarnya penyelundupan sepeda Brompton yang menyeret Dirut PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Ari Askhara. Di mana, anak buah Sri Mulyani yang berhasil mengungkap kasus tersebut.

Baca juga  Pemerintah Siapkan UU Pajak untuk Sekolah

Mau tak mau, Sri Mulyani bersama Menteri BUMN Erick Thohir harus berjibaku memberikan penjelasan kepada publik, melalui media. Apesnya, sebelum menggelar konferensi pers bersama Menteri Erick, soal kasus penyelundupan Brompton, dirinya iseng. “Ini sepeda harganya Rp50 juta bisa, bagaimana sih rasanya?” canda Sri Mulyani dihadapan awak media kala itu.

Wajarlah apabila Sri Mulyani sangat malu dengan kemunculan foto tersebut. Namun, dia mengaku tak tahu kalau sepeda yang ditunggani itu mereknya Brompton. Bisa jadi benar, Sri Mulyani asal naik saja sepeda yang disediakan anak buahnya.

“Itu kalian buat saya pusing, aku tidak tahu kalau itu namanya Brompton. Itu saya juga malu banget, aturan kalian jagain menterinya atuh,” kata Sri Mulyani saat berdialog dengan pegawai Kemenkeu dalam acara Puncak Perayaan Hari Jadi ke-76 Sekretariat Jenderal, pada Kamis malam (2/9/2021).

Baca juga  Prajurit TNI yang Tertembak di Yahukimo Dibawa ke Sentani

Sejatinya, Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan, Nufransa Wira Sakti, sudah pernah memberikan klarifikasi. Dia bilang, foto tersebut diambil pada acara Sepeda Santai dalam rangkaian Hari Oeang Republik Indonesia (HORI) tahun 2017. “Kedua sepeda tersebut tidak dimiliki oleh Menteri Keuangan dan suami, namun disediakan oleh panitia HORI 2017,” jelas dia seperti dikutip dari laman Facebook resmi Nufransa Wira Sakti, Minggu (8/12/2019).

Tinggalkan Komentar