Minggu, 03 Juli 2022
04 Dzul Hijjah 1443

‘KKN di Desa Penari’ Jadi Film Terlaris, Kok Hobi Nonton Horor?

Minggu, 22 Mei 2022 - 02:43 WIB
Film Horor
(ist)

Film bergenre horor ‘KKN di Desa Penari‘ menjadi film Indonesia paling banyak ditonton sepanjang masa. Padahal alur cerita film horor biasanya menakutkan, menimbulkan ketidaknyamanan dan kecemasan. Tapi mengapa orang masih suka nonton film-film horor?

Film garapan MD Pictures berhasil meraih lebih dari 7 juta penonton setelah 19 hari tayang dan menjadi film Indonesia terlaris sepanjang masa. Film yang dirilis pada 30 April 2022 dan disutradarai oleh Awi Suryadi ini telah melampaui film ‘Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss’ tahun 2016 yang ditonton 6.858.616 orang. Juga mengalahkan ‘Dilan 1990’ yang ditonton 6.315.664 orang, ‘Dilan 1991’ sebanyak 5.253.411 penonton, dan ‘Laskar Pelangi’ dengan 4.719.453 penonton.

Angka penonton ‘KKN di Desa Penari’ masih akan terus bertambah mengingat film yang dibintangi Tissa Biani, Adinda Thomas, Achmad Megantara, Aghniny Haque, Calvin Jeremy, Kiki Narendra, dan Aulia Sarah ini masih ditayangkan di bioskop.

‘KKN di Desa Penari’ diadaptasi dari salah satu cerita horor yang telah viral di 2019 melalui Twitter. Menurut sang penulis, cerita ini diambil dari sebuah kisah nyata sekelompok mahasiswa yang tengah melakukan program KKN alias Kuliah Kerja Nyata di Desa Penari. Tak berjalan mulus, serentetan pengalaman horor pun menghantui mereka hingga program KKN tersebut berakhir tragis.

Film-film horor sebelumnya juga sukses merebut hati penonton di Indonesia. Seperti ‘Jailangkung’ (2017), ‘Danur: I Can See Ghosts’ (2017), ‘Suzanna: Bernapas dalam Kubur’ (2018), dan ‘Pengabdi Setan’ (2017).

Fenomena menyukai film horor sebenarnya tak hanya terjadi di Tanah Air tetapi juga di dunia. Mungkin Anda pernah juga menonton ‘Conjuring’ (2013), ‘Halloween’ (2018), ‘Insidious’ (2010), ‘The Ring’ (1998), ‘Friday The-13th’ (1987), atau ‘Paranormal Activity’ (2007).

Baca juga
Inilah Film dan Series Baru yang Bakal Tayang di Disney+ Sepanjang 2022

Film Horor

Mengapa Menyukai Film Horor?

Lalu, mengapa ada banyak dari kita rela menghabiskan uang untuk menakut-nakuti dirinya sendiri dengan menonton film seram, sementara yang lain berusaha keras untuk menghindarinya? Kadang pula ada orang yang mengulang-ulang menonton film horor yang sama.

“Hidup kita ini udah horor penuh misteri ngapain harus nonton film horor lagi sih?” demikian status WhatsApp seorang kawan mengomentar awal-awal dirilisnya film ‘KKN di Desa Penari’. “Hidup sudah menakutkan dengan harga-harga yang mahal, sulit cari uang dan kini harus menambah ketakutan dengan menonton film seram,” tambahnya.

Bagi sebagian orang, apapun yang berbau horor sangat menakutkan, bikin bulu kuduk merinding, bahkan membuat sulit tidur. Seperti status WhatsApp kawan ini. Tapi, beberapa orang malah menikmati tontonan darah mengucur, suka dikejutkan, dan beberapa yang lain menyukai musik yang menegangkan, situasi gelap atau munculnya asap putih.

Menonton film horor seperti menantang adrenalin dan menemukan kesenangan atau perasaan lega setelah setelah mengalami ketakutan hebat. Padahal dari sisi psikologis, ketakutan, kecemasan, kegelisahan yang timbul ketika menonton film horor termasuk emosi negatif.

Anehnya, semakin banyak emosi negatif yang seseorang alami selama menonton film horor, semakin besar kemungkinan mereka untuk mengatakan bahwa mereka menikmati genre tersebut.

Film Horor

Pengalaman Berbeda Saat Nonton Film Seram

Tidak ada penjelasan tunggal yang diberikan oleh para pakar yang menjelaskan setiap alasan orang menikmati menonton film horor. Ketika orang menonton film horor, cenderung melakukannya karena berbagai alasan, beberapa orang mungkin termotivasi untuk menonton horor karena satu alasan tetapi tidak untuk alasan lain.

Baca juga
Inilah Saham-saham Pilihan Selasa, 15 Maret 2022

“Ada pengalaman berbeda yang dimiliki orang saat menonton film horor,” kata Dr. Katherine Brownlowe, asisten profesor di departemen neurologi dan psikiatri di The Ohio State University College of Medicine, mengutip Bustle.

Beberapa orang bereaksi berbeda terhadap hal-hal yang menakutkan. Misalnya, sebuah studi tahun 2010 yang diterbitkan dalam jurnal Communication Research menemukan bahwa orang yang menyukai film horor cenderung menikmati perasaan yang sangat intens seperti rasa takut. Saat Anda takut, respons langsung otak Anda adalah masuk ke mode fight-or-flight.

Ketika ini terjadi, seluruh tubuh Anda dapat bereaksi. Misalnya, jantung mungkin berpacu dan otot-otot mungkin juga tegang. Bahkan dapat menyebabkan Anda berteriak atau melompat.

“Ketika kita menonton film horor, itu merangsang otak dan otak merespons dengan sensasi fisik dan emosional yang kita sebut ketakutan,” kata Dr. Brownlowe. “Percaya atau tidak, bagi sebagian orang, ini sangat menyenangkan.”

Film Horor

Ada sisi positif lain dari menonton film seram ini yakni bisa lebih terlatih mengatasi persoalan. “Saya pikir orang-orang yang sering menontonnya sedang belajar bagaimana menghadapi ketidakpastian, ketegangan, dan kecemasan,” kata Coltan Scrivner, kandidat PhD di Departemen Pengembangan Manusia Komparatif di The University of Chicago, mengutip Health.

Ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa penggemar horor lebih tangguh dan tidak terlalu tertekan secara psikologis daripada penggemar non-horor dalam menghadapi pandemi COVID-19 saat ini. Hal ini kemungkinan karena keterampilan mereka yang diasah dengan baik ketika menghadapi masalah atau ketakutan.

Baca juga
Polisi Bekuk Pelaku Penginjak Al-Quran di Sukabumi

“Penggemar horor pada dasarnya sedang membangun perangkat untuk mengatasi perasaan cemas atau takut. Saat menonton film horor, Anda mengatur emosi sedemikian rupa sehingga berada di titik yang tepat untuk merasa takut tetapi juga bersenang-senang,” kata Scrivner.

Beberapa literatur juga menyebut manfaat lain nonton film horor. Di antaranya meningkatkan mood, membakar kalori, meredakan stres, meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan fungsi otak, hingga lebih percaya diri.

Yang jelas, setiap orang mengalami hal yang berbeda ketika menonton film seram. Jika Anda lebih sensitif dan merasakan hal-hal yang sangat dalam, menonton film menakutkan mungkin terlalu berlebihan. Tetapi jika tidak, bisa sangat menyenangkan dan terkadang bahkan menghibur.

Jadi, bagi yang masih takut-takut menonton film hantu, Anda layak mencobanya. Hadapi ketakutan seperti Anda menghadapi setiap misteri dalam kehidupan nyata. Karena ada manfaat yang bisa Anda peroleh. Apalagi masih ada lima film horor baru yang akan dirilis tahun ini yang siap mendebarkan jantung dan menguji nyali Anda. Nonton yuk! [ikh]

Tinggalkan Komentar