Senin, 27 Juni 2022
27 Dzul Qa'dah 1443

Koalisi Indonesia Bersatu Bahas Pencapresan Airlangga

Rabu, 25 Mei 2022 - 10:31 WIB
Whatsapp Image 2022 02 25 At 12.29.03 - inilah.com
Ketua DPP Partai Golkar Dave Akbarshah Fikarno Laksono memastikan Golkar solid mengusung Airlangga Hartarto sebagai capres. Golkar membuka peluang rekan koalisi, PAN dan PPP mengusung pendamping Airlangga. Foto: Antara

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bakal membahas pencapresan Ketum Golkar Airlangga Hartarto. Secara internal, Golkar solid mendukung Airlangga namun PAN dan PPP perlu mendiskusikan kemungkinan koalisi mencapreskan Menko Perekonomian itu.

Sekjen PPP, Arwani Thomafi mengatakan kemungkinan KIB mencapreskan Airlangga terbuka namun, koalisi juga bakal mempertimbangkan nama-nama lain yang potensi diusung. Secara prinsip, PPP menghargai mekanisme internal Golkar namun proses dialektika tetap berjalan.

“Golkar mengusung Capresnya Airlangga, semua harus bersama mengamankan keputusan partai masing-masing. Saya rasa PPP dan PAN juga kita ingin menghormati mekanisme internal setiap parpol. Nanti akan didiskusikan di KIB. Tunggu tanggal mainnya ya,” kata Arwani, di Jakarta, Selasa (24/5/2022).

Baca juga
Puji Koalisi Indonesia Bersatu, PKB Butuh Waktu untuk Bergabung

Pada kesempatan yang sama, Ketua DPP Partai Golkar, Dave Laksono mengatakan, Airlangga telah direkomendasikan maju sebagai capres dalam Munas 2019 dan dikuatkan dalam Rapimnas dan Rakernas Golkar 2021. Sekalipun begitu, Golkar mengedepankan asas musyawarah agar koalisi mengusung Airlangga.

“Airlangga jadi capres terbaik Partai Golkar, proses internal yang terbaik dari Partai Golkar kami mengusulkan Ketua Umum Airlangga Hartarto. Tinggal nanti disesuaikan saja dari PAN dan PPP,” ujar Dave.

Putra eks Ketua DPR Agung Laksono itu melanjutkan, KIB fokus memenangi Pemilu 2024. Maka pembentukan koalisi merupakan bagian dari strategi untuk merebut kemenangan.

Baca juga
ARB Instruksikan Kader Golkar Pasang Badan untuk Airlangga Capres

Golkar, lanjut Dave, membuka peluang kepada PAN dan PPP untuk megusulkan nama sebagai pendamping Airlangga agar kemenangan pilpres dapat diraih secara bersama-sama.

“Siapa pasangannya yang akan maju ditujukan untuk merebut kemenangan. Jauh hari kita siapkan untuk mencapai kemenangan. Apa yang kita mulai itu adalah yang terbaik,” tandasnya. [WIN]

Tinggalkan Komentar