Rabu, 30 November 2022
06 Jumadil Awwal 1444

Koalisi Pemilu 2024 Dinilai Masih Cair

Selasa, 23 Agu 2022 - 19:13 WIB
Pemilu - inilah.com
Ilustrasi Pemilu 2024. (Foto: Antara)

Koalisi partai politik jelang Pemilu 2024 dinilai masih cair. Para elite partai juga masih saling melakukan komunikasi satu sama lain.

“Parpol di Indonesia pragmatis iya, karena mereka melihat ikatan-ikatan itu ya dibuat cair saja, memudahkan untuk berinteraksi satu sama lain,” kata Direktur Eksekutif Algoritma, Aditya Perdana, Selasa (23/8/222).

Adapun koalisi yang sudah terbentuk saat ini adalah Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), Koalisi Gerindra-PKB, juga poros Nasdem-PKS-Demokrat dan PDIP yang belum menentukan koalisi.

“Memang demikian adanya, bahwa sampai saat ini, detik ini, belum ada kesepakatan yang jelas soal koalisi. Dalam bahasa mudahnya, masih saling lirik melirik, masih tahap awal, belum ada yang mengikat satu sama lain, belum ada pengantinnya (Capres-Cawapres),” ujar Aditya.

Baca juga
Tanggapi Koalisi Indonesia Bersatu, Hasto: Jangan Buang Energi

Menurutnya, partai politik masih sedang lirik melirik sosok Capres terutama dari hasil survei.

Dengan nama-nama yang beredar saat ini bisa menjadi panduan atau bahkan nilai tawar bagi elite dan parpol.

“Jadi masih sangat cair,” ujarnya.

Dia menduga, Parpol maupun koalisinya masih akan menahan diri untuk mengumumkan Capres dan Cawapres. “Baru pada awal tahun depan, akan terang benderang kemana arah dan pilihan mereka,” pungkasnya.

Salah satu koalisi yang sejak awal solid mengedepankan visi misi adalah Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Direktur Eksekutif Institute for Democracy and Strategic Affairs (Indostrategic) A. Khoirul Umam menilai, apabila ada partai baru dalam gerbong KIB, maka KIB akan mendapati sejumlah keuntungan yakni memperbesar peluang memenangkan Pilpres 2024.

Baca juga
Koalisi Parpol Mulai Terbentuk, akan Dinamis Saat Penentuan Capres-Cawapres

“Plus minus koalisi besar memang terletak pada potensi kemungkinan menangnya yang lebih besar dan dukungan parlemen yang kuat saat nanti di pemerintahan,” kata Umam.

Tinggalkan Komentar