Minggu, 05 Februari 2023
14 Rajab 1444

Koalisi Perubahan Belum Tutup Pintu untuk Parpol Lain

Jumat, 18 Nov 2022 - 19:39 WIB
Mohamad Sohibul Iman 130212182242 213 - inilah.com
Wakil Ketua Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mohamad Sohibul Iman. (Foto: Antara)

Upaya tiga partai politik (parpol) yakni NasDem, PKS, dan Demokrat untuk menjalin koalisi terkait Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 sudah 90 persen. Meski begitu, kerja sama tiga parpol yang mengambil nama Koalisi Perubahan ini belum menutup pintu apabila partai lain ingin bergabung.

“Menandakan komunikasi sangat intens kami solid, Sudah 90 persen lebih. Kita terbuka kehadiran dari partai lain,” kata Wakil Ketua Majelis Syura DPP PKS, Sohibul Iman saat makan siang bersama Anies dan tim kecil dari NasDem, PKS, dan Demokrat di sebuah restoran bilangan Tebet, Jakarta Selatan, Jumat (18/11/2022).

Dia menjelaskan, bila ada parpol lain yang bergabung dalam Koalisi Perubahan, maka tiga partai inisiator koalisi akan membahas dan membicarakan format dan konfigurasi dalam menghadapi Pilpres 2024.

Baca juga
Anies Berterima Kasih pada Warga tak Rayakan Tahun Baru di Luar Rumah

“Formatnya seperti apa kita bicarakan. Tiga partai (NasDem, PKS, Demokrat) ini yang menjadi inisiator Koalisi Perubahan,” jelasnya.

Di sisi lain, Sohibul membeberkan, partai tempatnya bernaung juga terus membangun komunikasi intensif dengan NasDem dan Demokrat. Tujuannya agar tetap sepaham dan saling mengisi menyangkut koalisi di Pilpres 2024.

“Pak capres (Anies Baswedan) atau bacapres kita ini terus berkomunikasi hal-hal yang disepakati partai. Ini berjalan terus yang pembicaraan seriusnya. Sangat terjadi mutual understanding,” kata Sohibul menambahkan.

Jaga Soliditas

Diketahui, bakal calon presiden, Anies Rasyid Baswedan menggelar pertemuan yang disertai makan siang bersama tim kecil yang tergabung dalam Koalisi Perubahan di sebuah rumah makan kawasan Tebet, Jaksel, Jumat siang (18/11/2022). Pertemuan ini menunjukkan Koalisi Perubahan yang urung dideklarasikan pada 10 November lalu, tetap menjaga soliditas.

Baca juga
Foto: Rapat Paripurna Pemberhentian Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta

Pantauan Inilah.com di lokasi, perwakilan dari tiga partai yang terdiri dari NasDem, PKS, dan PKS turut menghadiri pertemuan bersama Anies Baswedan. Bahkan, eks Menteri ESDM Sudirman Said juga turut hadir dalam pertemuan.

Partai NasDem diwakili Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya, Ketua Mahkamah Partai NasDem, Saur Hutabarat, dan Sugeng Suparwoto.

Kemudian, PKS diwakili anggota Majelis Syura PKS Sohibul Iman dan Juru Bicara Pipin Sopian. Sedangkan, Partai Demokrat diwakili Sekjen Teuku Riefky Harsya.

Tinggalkan Komentar