Senin, 04 Juli 2022
05 Dzul Hijjah 1443

Koalisi Semut Merah Bukan Sekadar ‘Testing The Water’

Jumat, 10 Jun 2022 - 12:46 WIB
Img 20220517 195156 - inilah.com
Penjajakan PKB-PKS membentuk Koalisi Semut Merah dianggap bukan testing the water. Menaikan posisi tawar kedua parpol dan alternatif kandidat capres-cawapres pada Pilpres 2024. Foto: Ilustrasi/Antara

Koalisi Semut Merah yang dinisiasi PKB-PKS dianggap bukan hanya sekadar memancing reaksi publik atau cek ombak (testing the water). Kedua parpol disebut ingin menaikan daya tawar untuk menghadapi Pemilu 2024.

Pengamat politik Hendri Satrio (Hensat) meyakini koalisi tersebut bakal terbentuk karena kombinasi PKB-PKS memiliki daya tarik tersendiri. Koalisi yang terdiri atas parpol pro-pemerintah dengan oposisi membuat Semut Merah lebih berkarakter.

“Kalau testing the water saya rasa enggak ya. Tetapi kalau menaikan daya tawar bisa dilakukan melalui koalisi ini,” kata Hensat, di Jakarta, Jumat (10/6/2022).

Dia meyakini sebagai barisan parpol pendukung pemerintah, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) mengehendaki PKB bergabung. Namun Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) memilih untuk melakukan penjajakan dengan PKS.

Baca juga
Anggaran Jumbo Tidak Jamin Kualitas Pelaksanaan Pemilu

Manuver yang dilakukan membuat PKB menaikan daya tawar. Situasi serupa juga dialami PKS. “Dengan melakukan penjajakan dengan PKS maka Cak Imin menaikan posisi tawar. PKS pun demikian. Minimal sebagai oposisi sudah membuat gerakan,” tutur Hensat.

Hensat juga menyebut terbuka kemungkinan parpol lain, baik yang di Senayan maupun non-parlemen, bergabung dalam Koalisi Semut Merah untuk menjamin terpenuhinya syarat 20% suara mengusung pasangan capres-cawapres. Soal ini, Hensat optimistis koalisi bisa terbentuk.

“Soal terpenuhinya syarat 20% saya kira hanya masalah waktu saja. Bisa saja parpol di parlemen seperti Nasdem atau Demokrat bergabung nantinya. Mungkin juga parpol-parpol non-parlemen yang memiliki elektabilitas tinggi seperti Perindo atau Berkarya,” bebernya.

Baca juga
Puan Tanggapi Ganjar Masuk Radar NasDem: Capres PDIP Ditentukan Ketum Megawati

Waketum PKB, Jazilul Fawaid, mengatakan, Koalisi Semut Merah merupakan poros ketiga setelah KIB dan PDIP yang secara ketentuan dapat mengusung calon sendiri. Setelah melakukan serangkaian komunikasi dengan PKS, PKB mengusulkan pembentukan Semut Merah sebagai nama koalisi.

Filosofinya, kendati semut binatang kecil namun bisa mengalahkan gajah yang posturnya jauh lebih besar. Secara sederhana, Jazuli merujuk pada permainan tradisional adu jari, kelingking menang dari jempol yang posturnya besar.

“Saya bilang koalisi semut merah supaya gigitnya, ya meskipun kecil kita bisa menyusup kemana-mana,” ujar Jazuli.

Sekjen PKS, Aboe Bakar Al Habsyi memastikan PKB-PKS serius melakukan penjajakan untuk membentuk Koalisi Semut Merah. Kedua parpol berupaya menggaet Demokrat gabung koalisi untuk memenuhi syarat mengusung capres-cawapres. Semut Merah juga membuka pintu parpol dari KIB untuk pindah gerbong.

Baca juga
PKS Apresiasi PBB Putuskan 15 Maret Hari Melawan Islamofobia

“Saya yakin Demokrat atau partai lain, kami dan PKB undang dengan pintu terbuka. Kalau KIB mau datang juga, kami enggak nolak,” kata anggota Komisi III DPR.

 

Tinggalkan Komentar