Minggu, 14 Agustus 2022
16 Muharram 1444

Kolaborasi Daerah-Pusat Kunci Atasi Persoalan Pendidikan di Papua

Rabu, 01 Des 2021 - 14:00 WIB

Sekretaris Direktorat Jenderal (Sesditjen) Pendidikan Tinggi Riset, dan Teknologi (Diktiristek) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi , Yayat Hendayana menekankan perlunya kolaborasi antar Pemerintah Pusat, Provinsi, dan Kabupaten/Kota di Papua guna menyelesaikan berbagai persoalan pendidikan di tanah Papua.

“Kolaborasi antar Pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota di Papua jadi kunci menyelesaikan masalah pendidikan di Tanah Papua,” kata Yayat dalam Seminar digelar oleh Forum Mahasiswa dan Pelajar Papua (FORMAPPA), Rabu (1/12/2021).

Yayat menyampaikan Kemendikbud Ristek terus berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia orang Papua baik itu tenaga pengajar maupun mahasiswanya. Langkah tersebut mengiringi program beasiswa afirmasi bagi putra-putri Papua yang sudah berlangsung.

Kordinator Nasional FORMAPPA Charles Kossay mengatakan pihaknya siap menjembatani berbagai persoalan pendidikan yang dihadapi oleh mahasiswa Papua yang sedang berkuliah di berbagai daerah.

“Kita akan dorong Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah untuk terus Kolaborasi mengatasi masalah pendidikan di Tanah Papua,” Ucap Charles.

Sementara Kordinator Jaringan Papua Damai, Adriana Elisabeth menyampaikan dalam mengatasi permasalahan pendidikan di Papua perlu digelar sebuah forum Konferensi Pendidikan Se Papua dan Papua Barat yang bertujuan memetakan masalah pendidikan di sana lalu merumuskan langkah dan rencana aksi dalam mengatasinya.

“Semua pihak harus duduk bersama, lalu perlu kita dorong juga partisipasi publik seluas – luasnya dalam rangka mewujudkan dialog damai di Tanah Papua,” tutupnya.

Tinggalkan Komentar