Selasa, 06 Desember 2022
12 Jumadil Awwal 1444

Komersialisasi Pipa Minyak Blok Rokan Jadi Cuan bagi PGN

Rabu, 23 Nov 2022 - 10:23 WIB
Penulis : Ahmad Munjin
Komersialisasi Pipa Minyak Blok Rokan Jadi Cuan bagi PGN - inilah.com
Dua pekerja sedang berada di fasilitas pengangkutan minyak bumi milik PT Pertagas beberapa waktu lalu. (Foto: Humas PT Pertagas)

Pipa minyak Blok Rokan memasuki fase komersialisasi sehingga memberikan kontribusi pendapatan secara konsolidasi bagi PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS). Hal ini ditandai dengan ditekennya perjanjian pengangkutan minyak bumi PT Pertamina Gas (Pertagas) anak usaha PT PGN, Subholding Gas PT Pertamina (Persero) dengan PT Pertamina Hulu Rokan (PHR).

Direktur Utama Pertagas Gamal Imam Santoso menyampaikan, momentum ini menjadi sinergi baik antara anak usaha Subholding Gas dengan Subholding Upstream Pertamina. Rangkaian pembahasan telah dilakukan bersama sejak proses pembangunan proyek pipa minyak Rokan.

Akhirnya perjanjian pengangkutan pun ditandatangani pada Jumat (18/11/2022) oleh Direktur Utama Pertagas dan Direktur Utama PHR.

Baca juga
Subholding Gas Pertamina Pamer Digitalisasi Gas di Abu Dhabi

Lebih lanjut, Gamal menjelaskan, dalam perjanjian ini, Pertagas dan PHR bekerja sama untuk pengangkutan minyak bumi melalui koridor Balam-Bangko-Dumai dan koridor Minas-Duri-Dumai selama periode 2022-2041.

“Perjanjian ini menjadi salah satu milestone penting dalam kerja sama jangka panjang antara Pertagas dan PHR,” ungkap Gamal dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (23/11/2022).

Gamal berharap dengan telah ditandatangani perjanjian tersebut dapat mendukung optimalisasi penyaluran dan lifting minyak nasional.

Sampai akhir Oktober 2022, Pertagas telah menyalurkan 6,7 juta barel di ruas pipa baru tersebut. Ke depannya, diharapkan volume tersebut dapat meningkat dan pemanfaatan pipa minyak Rokan dapat lebih optimal.

Baca juga
Dilaporkan ke KPK, Bagaimana Nasib Saham-saham Kaesang?

“Pengaliran minyak di Blok Rokan memegang peranan penting dalam kedaulatan energi nasional. Pertagas tentu akan memberikan layanan optimal untuk mendukung PHR dalam menjalankan penugasannya dalam penyediaan energi untuk negeri,” jelas Gamal.

Pipa minyak Rokan dibangun sepanjang 340 km yang membentang dari Minas, Kota Batak, Balam, hingga ke Dumai. Proyek yang dibangun di masa pandemi COVID tersebut telah menyelesaikan fase konstruksinya di akhir 2021 dan saat ini dalam proses pengaliran bertahap.

Dalam melaksanakan seluruh rangkaian proyek penggantian pipa minyak Rokan, Pertagas selalu mengedepankan aspek keselamatan kesehatan kerja dan kepedulian lingkungan atau HSSE. Hal ini dibuktikan dengan mencatat 5.340.360 jam kerja selamat di proyek pipa minyak Rokan.

Tinggalkan Komentar