Selasa, 17 Mei 2022
16 Syawal 1443

Kominfo Terbitkan Buku Saku Digital Penyelenggaraan Mudik

Screenshot 20220425 162231 Chrome Picsay - inilah.com
Tangkapan layar

Kementerian Komunikasi dan Informatika hari ini meluncurkan buku elektronik panduan mudik berjudul “Mudik Aman dan Sehat”.

“Dalam rangka mendukung pelaksanaan mudik 2022 supaya aman dan sehat, Kominfo berperan memastikan informasi tentang kebijakan dan protokol kesehatan selama mudik disampaikan ke masyarakat secara terpadu,” kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kominfo, Usman Kansong, saat peluncuran secara virtual, Senin(25/04/2022).

Buku panduan “Mudik Aman dan Sehat” disusun Kominfo bersama Kementerian Perhubungan, Satuan Tugas COVID-19, Kementerian Agama dan Majelis Ulama Indonesia.

Buku ini bisa diakses melalui tautan resmi dari kementerian yaitu linktr.ee/mudik2022, masyarakat disediakan pilihan yaitu mengunduh buku tersebut atau membaca secara dalam jaringan. Buku elektronik ini bisa diakses secara gratis.

Baca juga
Puncak Arus Balik di Terminal Tirtonadi Diprediksi Terjadi pada Sabtu dan Minggu

Secara garis besar, buku ini berisi syarat dan aturan mudik, seperti dokumen apa saja yang dibutuhkan untuk mudik tahun ini, bagaimana cara mengisi e-HAC, dan bagaimana cara masuk ke Indonesia jika berasal dari luar negeri.

Pemerintah juga ingin mengingatkan masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan selama mudik berlangsung.

“Protokol kesehatan ini penting karena kita masih situasi COVID-19,” kata Usman.

Masyarakat juga bisa mendapatkan nomor-nomor penting seperti kontak untuk informasi jalan tol, Direktorat Lalu Lintas Polri, BPJS Kesehatan dan ambulans.

Kominfo akan memperbarui buku ini jika ada perubahan aturan tentang mudik, supaya masyarakat bisa lebih mudah mendapatkan aturan seputar mudik.

Baca juga
Sambut Ramadan, Smartfren Luncurkan Program Baru Bertajuk #UnlimitedKebaikan

Buku saku setebal 66 halaman ini juga memuat informasi tentang rekayasa lalu lintas selama periode mudik musim libur Lebaran tahun ini, termasuk soal sistem ganjil genap, pemberlakuan satu arah, sampai program mudik gratis yang diadakan oleh pemerintah.

Tautan yang diberikan kementerian tidak hanya berisi buku elektronik, tapi, juga berbagai informasi yang berkaitan dengan mudik seperti informasi vaksinasi di tol Jagorawi, informasi tempat penukaran uang dari Bank Indonesia sampai tautan untuk mendaftar program mudik gratis.

Tinggalkan Komentar