Senin, 15 Agustus 2022
17 Muharram 1444

Kominfo Umumkan Startup Studio Indonesia Batch 3 Masuki Tahap Milestone Day

Sabtu, 18 Des 2021 - 11:06 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
Startup Studio - inilah.com
Startup Studio

Setelah lima bulan melalui rangkaian seleksi dan pelatihan, program inkubasi intensif Startup Studio Indonesia (SSI) batch tiga yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) kini memasuki tahap akhir dengan milestone day.

Pada tahap ini, tiap startup diberikan kesempatan untuk mempresentasikan bisnis dan pencapaiannya selama mengikuti program di depan para stakeholder, seperti lembaga pemerintah dan venture capital.

Sebelum acara puncak, 15 startup yang terpilih juga mendapatkan sesi privat 1-on-1 coaching selama 12 minggu dengan para mentor, agar bisa berkonsultasi dan mempelajari pemaparan materi sebelum milestone day tiba.

Sebanyak 15 startup early-stage yang terpilih mengikuti serangkaian program inkubasi Startup Studio Indonesia batch tiga yaitu AturKuliner, AyoBlajar, Bicarakan, Bolu, Eateroo, Finku, FishLog, Gajiku, Imajin, Keyta, KreatifHub, Powerbrain, Sgara, Soul Parking, dan Zi.Care.

“Pada penyelenggaraan Startup Studio Indonesia batch 3, fokus kami lebih tajam untuk membantu startup mencari product-market fit (PMF). Tahap ini sangat krusial, karena salah satu alasan utama startup gagal berkembang adalah karena gagal mengembangkan produk yang dibutuhkan pasar,” kata Koordinator Startup Digital Kemenkominfo Sonny Hendra Sudaryana dalam konferensi pers secara daring, Jumat (17/12/2021).

Baca juga
Plin-plan, Kominfo Akhirnya Blokir Domino Qiu Qiu Dkk

Dalam acara Milestone Day ini, turut hadir jajaran perwakilan Kemenkominfo, para coach dan fasilitator, venture capital, startup terpilih, juga beberapa pembicara dari startup yang telah mengikuti program Startup Studio Indonesia sebelumnya.

Sebagai informasi, Startup Studio Indonesia ini dihadirkan Kemenkominfo untuk memperkuat dan melengkapi program pemberdayaan startup digital Gerakan 1000 Startup Digital dan Hub.id yang telah lebih dulu diluncurkan.

Melalui program ini, Kemenkominfo menargetkan untuk mencetak 150 startup digital pada 2024 yang mampu mengembangkan skala bisnisnya, dari segi jumlah pengguna, jumlah pendapatan, penyerapan tenaga kerja, dan pendanaan dari venture capital. Untuk itu, Kemenkominfo juga akan terus melanjutkan penyelenggaraan Startup Studio Indonesia hingga ke batch-batch berikutnya.

Baca juga
Judi Online 'Dilegalkan' Kominfo, Pengamat TI: Jangan Sampai Terjebak

“Tentunya, di batch empat mendatang, kami menargetkan peserta yang lebih banyak dari berbagai daerah dan sektor, karena startup inovatif dan berpotensi semakin banyak bermunculan di Indonesia,” kata Sonny.

Tinggalkan Komentar