Sabtu, 01 Oktober 2022
05 Rabi'ul Awwal 1444

Komisi III DPR: Jaga Institusi Polri, Jangan Lindungi Individu

Jumat, 15 Jul 2022 - 19:17 WIB
Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo - inilah.com
Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PDI Perjuangan Trimedya Pandjaitan - Antara

Anggota Komisi III DPR meminta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjaga marwah institusi Polri dari hal-hal yang merusak kredibilitas Korps Bhayangkara tersebut.

Politikus PDI Perjuangan itu mengatakan, kasus penembakan Brigadir J di kediaman Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo telah menjadi isu liar yang berpotensi membahayakan.

“Kalau nggak ini liar ke mana-mana, kita aja sudah sampai terima WA ‘ya udah ubah aja Undang-Undang Polri’ gitu loh, udah liar ini. Yang harus tegas itu Kapolri-nya,” kata Trimedya saat dihubungi wartawan, Jumat (15/7/2022).

Pria yang akrab disapa Trimed itu juga meminta agar Polri tidak melindungi oknum individu atau kelompok yang bisa mencoreng citra Polri.

Baca juga
DPR Minta Pemerintah Uji Klinis Metode Terapi Dokter Terawan

“Kita tunggu minggu depan mudah-mudahan ada perkembangan yang baik dan harapan kita masih tinggi bahwa ini diungkap tuntas dan transparan, proses penyidikan profesional, dijaga institusi Polri, bukan dijaga orang per orang (individu) atau kelompok. Terlalu besar reformasi Polri tahun 2002 dengan kejadian ini terlalu besar taruhannya,” tuturnya.

Sebelumnya Trimed mendukung Kapolri untuk menonaktifkan Irjen Pol Ferdy Sambo dari jabatannya agar kasus kematian Brigadir J menjadi terang benderang.

Seperti diketahui Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah membentuk tim gabungan yang dipimpin Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono untuk mengusut kasus penembakan yang menewaskan Brigadir Nopryansah Yosua Hutabarat atau Brigadir J. Tim gabungan terdiri dari unsur internal dan eksternal.

Baca juga
Inilah Saham-saham Pilihan Rabu, 30 Maret 2022

Tim ini turut dibantu oleh Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Komjen Agung Budi Maryoto, Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto, Kabaintelkam Polri Komjen Ahmad Dofiri dan Asisten Kapolri bidang SDM Irjen Wahyu Widada, serta unsur Divisi Propam Polri, Biro Provos dan Paminal. Sedangkan dari pihak eksternal, Polri menggandeng Kompolnas.

Tinggalkan Komentar