Selasa, 04 Oktober 2022
08 Rabi'ul Awwal 1444

Komisi VIII DPR Usir Sekjen Kemensos dari Ruang Rapat

Rabu, 19 Jan 2022 - 13:28 WIB
Penulis : Fadly Zikry
Sekjen Kemensos - inilah.com
Sekjen Kemensos Harry Hikmat

Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto ‘mengusir’ Sekretaris Jenderal Kementerian (Kemensos) Harry Hikmat dari ruang rapat, Rabu (19/1/2022).

Komisi VIII keberatan Harry Hikmat ikut rapat lantaran sudah menyindir anggota Fraksi Partai Golkar Ace Hasan Syadzily dalam grup WhatsApp.

“Ini bukan persoalan Pak Ace dengan pak Sekjen, tapi ini secara kelembagaan, atas pendapat semua fraksi, pak Sekjen Harry Hikmat agar memikirkan kesalahannya di luar ruangan,” kata Yandri di ruang rapat Komisi VIII DPR.

Senada dengan Yandri, Ace Hasan menilai pesan yang dikirim oleh Harry menyinggung seluruh anggota Komisi VIII.

Pesan WhatsApp Harry Bernada Sinis

Kisruh antara Komisi VIII DPR dan Sekjen Kemensos Harry Hikmat bermula dari pesan grup melalui WhatsApp yang menyindir Ace Hasan.

Baca juga
Rilis di Bioskop Indonesia Minggu Depan, Ini 5 Fakta Film The Batman

Komisi VIII DPR saat itu menanyakan kunjungan Risma ke Jawa Barat, dapil Ace Hasan. Pasalnya pihak Komisi VIII tidak mengetahui kunjungan tersebut.

“Ketika Ibu Risma ke dapil saya, kemudian tidak memberitahu kami padahal kesepakatan kita bersama dalam setiap kali ibu Menteri ke dapil setidaknya diberikan informasi, yang ngatur itu adalah Sekjen. Sekjen waktu itu memang minta maaf, tapi setelah itu nyerocos, bilang apa yang saya lakukan itu sinis, bahwa saya diundang oleh Kemensos enggak pernah datang. Apa urusannya bicara seperti itu,” papar Ace.

Ace kemudian meminta jajaran Kemensos untuk memahami tugas Komisi VIII DPR sebagai pengawas. Dia juga meminta agar tak melihat parlemen dalam bentuk bawahan dan atasan, melainkan sebagai mitra.

Baca juga
LPSK: Bharada E Mengaku Irjen Ferdy Sambo Penembak Pertama Brigadir J

“Jangan sampai ada anggapan yang kami lakukan itu melangkahi, tapi pengawasan,” kata Ace.

Sekjen Harry Hikmat meminta maaf dan langsung keluar ruangan pada pukul 11.30 WIB.

Adapun agenda rapat Komisi VIII dengan Kementerian Sosial hari ini terkait evaluasi APBN tahun 2021 dan pembahasan APBN 2022. Kemudian agenda perubahan struktur dan organisasi tata kerja (SOTK).

 

Tinggalkan Komentar