Komite Investigasi Senat Tuding Presiden Brazil Jair Bolsonaro Lakukan Kejahatan Pandemi Covid-19

Komite Investigasi Senat Tuding Presiden Brazil Jair Bolsonaro Lakukan Kejahatan Pandemi Covid-19 - inilah.com
Presiden Brazil Jair Bolsonaro. ist

Komite investigasi Senat Brazil menyetujui dakwaan untuk Presiden Jair Bolsonaro terkait dugaan kejahatan penanganan pandemi Covid-19.

Dakwaan terhadap Bolsonaro bersumber dari sebuah laporan. Dalam laporan itu, 77 orang lainnya dan dua perusahaan turut didakwa melakukan kejahatan.

Dilansir dari Reuters, Rabu (27/10/2021), komite investigasi yang dikuasai oposisi juga menambahkan 10 orang lainnya ke dalam daftar individu yang harus didakwa.

Pemerintahan Bolsonaro saat ini sedang dalam penyelidikan federal atas dugaan korupsi terkait pembelian peralatan medis.

“Kekacauan pemerintahan Jair Bolsonaro akan masuk dalam sejarah sebagai tingkat kemelaratan manusia yang paling rendah,” kata Senator Renan Calheiros, pembuat laporan tersebut.

Baca juga  Foto: Sidang Paripurna DPR Tetapkan Jenderal TNI Andika Perkasa Jadi Panglima TNI

Kantor pers Bolsonaro belum menanggapi permintaan komentar. Bolsonaro kemungkinan besar tidak akan menghadapi dakwaan formal karena dakwaan itu harus diajukan oleh jaksa agung Brazil yang ditunjuk Presiden.

Namun, laporan itu pun menyoroti isolasi politik terhadap Bolsonaro yang semakin meningkat menjelang tahun pemilihan umum. Popularitas Bolsonaro juga terjun bebas akibat penanganan pandemi yang kurang baik dan inflasi yang semakin tinggi.

Tinggalkan Komentar